Janin 7 Minggu, Begini Perkembangannya

janin 7 minggu, diary bunda

Janin 7 minggu memang masih berukuran sangat kecil, Bun. Meski begitu, ada banyak pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada janin di kehamilan minggu ke-7, mulai dari bentuk tubuhnya yang terlihat lebih jelas hingga sistem saraf dan otak yang makin berkembang. Yuk, ketahui perkembangan janin 7 minggu di sini!

Berbagai Perkembangan Janin 7 Minggu

Sebenarnya, janin 7 minggu masih berbentuk embrio atau bakal janin. Makanya, ukuran janin 7 minggu masih sangat kecil dan belum benar-benar berbentuk seperti calon bayi. Beratnya pun masih sangat kecil, yaitu hanya sekitar 1 gram. Meski begitu, ukuran janin 7 minggu sudah bertambah 2 kali lipat dari minggu sebelumnya. 

Nah, meski ukurannya belum terlalu besar, janin 7 minggu sudah mengalami berbagai perkembangan, lho. Begini perkembangannya:

1. Otak berkembang dengan pesat

Saat janin 7 minggu, organ tubuh yang mengalami perkembangan paling pesat adalah otak. Pada minggu ini, otak janin makin membesar. Saking pesatnya, bagian kepala janin terlihat lebih besar daripada bagian badannya dan hal ini memang normal terjadi, Bun.

Seiring bertambahnya usia janin, ukuran kepala janin akan makin proporsional jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya .

2. Bentuk tubuh makin terlihat jelas

Selain otaknya yang membesar, bentuk tubuh janin juga sudah mulai terlihat jelas nih, Bun. Bagian mata, seperti retina, kornea, dan iris, sudah mulai terbentuk pada minggu ini. Namun, semua bagian tersebut masih tertutup oleh kelopak mata. Mata akan terbentuk sempurna beberapa minggu setelahnya.

Sementara itu, janin juga akan memiliki lesung di bagian wajahnya. Lesung ini merupakan hidung dan telinga yang nantinya akan terbentuk. Tidak jauh dari bagian wajah, tangan dan lengan juga mulai terbentuk meski hanya tunasnya.

3. Tali pusar terbentuk

Pada minggu ini, tali pusar yang menghubungkan ibu hamil dengan janin sudah terbentuk sempurna, lho, Bun. Tali pusar ini akan menyalurkan oksigen, darah, dan nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janin. Selain itu, tali pusar juga berperan sebagai saluran pembuangan zat-zat sisa dari tubuh janin melalui plasenta.

4. Organ dalam janin terbentuk

Selain bentuk tubuh luarnya yang terlihat makin jelas, janin 7 minggu juga mengalami perkembangan pada organ dalamnya, seperti usus, ginjal, pankreas, dan paru-paru. Struktur organ dalam janin tersebut sudah mulai terbentuk pada minggu ini. 

5. Detak jantung mulai terdengar

Pada minggu ini, jantung belum sepenuhnya terbentuk, Bun. Namun, detak jantung janin umumnya sudah bisa terdengar melalui pemeriksaan USG transvaginal. Detak jantung janin pada minggu ini sudah mencapai 150–180 kali per menit. Menarik kan?

Tips Menjaga Kesehatan Janin 7 Minggu

Pernah dengar kalau perkembangan janin pada trimester pertama sangat pesat? Nah, janin 7 minggu masih termasuk trimester pertama kehamilan, Bun, sehingga perkembangannya sangat cepat. Agar janin 7 minggu bisa berkembang dengan baik, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kesehatan janin 7 minggu:

  • Istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya 7–9 jam per hari.
  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi lengkap.
  • Konsumsi suplemen kehamilan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya 8 gelas atau setara dengan 1500 ml per hari.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, secara rutin.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Jangan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain beberapa hal di atas, Bunda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter setelah menyadari sedang hamil ya, apalagi kalau sudah dapat hasil positif dari testpack. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, Bunda jadi bisa tahu bagaimana kondisi Si Kecil dalam kandungan.

Sumber:

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. Week 7.

National Institutes of Health (2023). Statpearls. Embryology, Umbilical Cord.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Pregnancy at week 7.

Gates, M. Baby Center (2022). 7 Weeks Pregnant.

Braidwood, E. Flo Health (2023). 7 weeks pregnant: Your guide to this week of your first trimester.

KidsHealth (2023). Parents. 7 Weeks Pregnant.

Raising Children Network Australia (2023). Raising Children. 7 Weeks Pregnant.

The Bump (2023).  7 Weeks Pregnant.

Mutchler, C. Verywell Health (2023). What Happens During a Seven-Week Ultrasound?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *