9 Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang tanah untuk ibu hamil diperoleh dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Kacang tanah mengandung protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral, yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Apa saja ya manfaat kacang tanah untuk ibu hamil? 

Banyak yang bilang, mengonsumsi kacang-kacangan selama hamil, termasuk kacang tanah, bisa membuat bayi rentan mengalami alergi kacang ketika sudah lahir. Namun, hal itu ternyata hanya mitos saja kok, Bun. 

Faktanya, konsumsi kacang tanah selama hamil malah bisa membantu menurunkan risiko janin terkena alergi setelah dilahirkan. Makanya, jadikan kacang tanah sebagai salah satu camilan sehat yang baik dikonsumsi selama hamil yuk, Bunda. 

Beragam Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah manfaat kacang tanah yang bisa diperoleh jika ibu hamil mengonsumsinya secara rutin: 

1. Meredakan morning sickness

Saat morning sickness melanda, Bunda pasti enggan mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Padahal, asupan nutrisi sangat diperlukan selama kehamilan agar Bunda tetap berenergi. 

Tenang, Bun, ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan mual dan muntah selama hamil, lho, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang tanah. Dengan jumlah protein dan vitamin B6 yang tinggi, kacang tanah bisa membantu meredakan morning sickness

Dengan mengonsumsi kacang tanah, keluhan mual dan muntah yang dialami saat hamil bisa berkurang dan Bunda dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan. Kacang tanah juga bisa menjadi sumber nutrisi tambahan bagi Bunda, lho.

2. Mengontrol berat badan 

Kenaikan berat badan penting untuk dijaga selama hamil. Ini penting untuk mendukung tumbuh kembang janin agar ia tetap sehat. Nah, agar berat badan bisa terkontrol dan tidak berlebihan atau kurang, Bunda bisa mengonsumsi makanan bergizi seperti kacang tanah. 

Kacang tanah kaya akan protein, serat, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Kacang juga bisa membuat nafsu makan Bunda lebih terkontrol sehingga Bunda bisa makan dalam porsi yang lebih sesuai. Dengan begitu, berat badan saat hamil bisa lebih terkendali.  

3. Mengatasi sembelit

Konsumsi kacang tanah selama hamil bisa membantu mengatasi dan mencegah sembelit lho, Bun. Pasalnya, kacang tanah mengandung serat cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Selain itu, serat dalam kacang tanah ternyata berfungsi sebagai prebiotik yang diketahui bisa meningkatkan produksi bakteri baik di usus lho, Bun. 

4. Menjaga kadar gula tetap normal

Perlu diketahui, kacang tanah merupakan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah lho, Bun. Nah, itu artinya, mengonsumsi kacang tanah selama hamil tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah. 

Tak hanya itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam kacang tanah juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap normal, sehingga Bunda bisa terhindar dari diabetes gestasional.

5. Menambah energi

Salah satu manfaat kacang tanah untuk ibu hamil adalah untuk menambah energi. Kandungan protein, lemak, dan serat dalam kacang tanah dapat memberikan energi pada ibu hamil sehingga bisa lebih bertenaga dalam menjalani berbagai aktivitas. 

Kacang tanah juga mengandung vitamin B1 (tiamin) yang bisa membantu sel-sel tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi. 

6. Memperkuat tulang 

Bunda, manfaat kacang tanah selanjutnya adalah bisa membantu memperkuat tulang. Kacang tanah yang kaya akan protein dan mineral, seperti magnesium, fosfor, mangan, kalsium, tembaga, dan kalium, bisa membuat tulang menjadi kuat dan sehat, serta meningkatkan kepadatan tulang saat hamil. Selain itu, kacang tanah juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. 

7. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi menjadi musuh terbesar saat hamil. Alasannya, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya hipertensi gestasional atau preeklampsia. Untuk mencegahnya, Bunda bisa mengonsumsi makanan tinggi kalium dan magnesium, seperti kacang tanah. 

Selain itu, kacang tanah juga merupakan sumber L-arginin yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. 

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh 

Tidak mau jatuh sakit selama hamil kan, Bun? Coba konsumsi kacang tanah, yuk! Perlu diketahui, kacang tanah memiliki berbagai nutrisi penting yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, lho. Salah satunya adalah protein

Protein yang terkandung dalam kacang tanah dapat membantu tubuh membentuk imunoglobulin atau antibodi untuk melawan infeksi. Nah, jika asupan proteinnya tercukupi, sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat, sehingga Bunda dapat terhindar dari berbagai penyakit. 

Tidak hanya dari protein, manfaat kacang tanah ini juga didapatkan dari kandungan antioksidan, serat, dan vitamin E, yang berperan dalam mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit. 

9. Mencegah anemia 

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah mencegah anemia. Jenis kacang ini merupakan salah satu makanan sumber zat besi dan asam folat yang baik dikonsumsi selama hamil. Soalnya, zat besi dan asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang bertugas menyalurkan oksigen dan nutrisi ke janin. 

Dengan tercukupinya zat besi dan asam folat, Bunda dapat terhindar dari anemia. Risiko janin mengalami berbagai komplikasi kehamilan, seperti cacat tabung saraf, juga dapat berkurang. 

Itulah beragam manfaat kacang tanah untuk ibu hamil yang bisa Bunda dapatkan jika rutin memakannya. Namun, tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat kacang tanah juga baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin, serta menambah berat badan janin.

Meski memiliki banyak manfaat, kacang tanah terkadang  dapat menyebabkan reaksi alergi lho, Bun. Apabila memiliki riwayat alergi terhadap kacang tanah, Bunda disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis kacang ini, ya. Bunda dapat memilih jenis kacang lain yang tak kalah bergizi untuk dikonsumsi, seperti kacang merah, kedelai, atau kacang hijau. 

Sumber: 

Victoria State Government Australia (2023). Better Health Channel. Healthy Eating. Nuts and Seeds.

Mayo Clinic (2023). Nuts and your heart: Eating nuts for heart health.

Baby Center (2021). What to Eat When Pregnant: The 12 Best Foods.

Everyday Health (2023). 9 Foods That Help Relieve Nausea.

Health (2022). Is Peanut Butter Good for You?

Healthline (2023). 8 Health Benefits of Nuts.

Healthline (2023). Peanuts 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Healthline (2021). Is It Safe to Eat Peanut Butter When You’re Pregnant?

The Bump (2019). This Pregnancy Snack May Help Baby Have a Sharper Brain, Study Says. 

The Peanuts Institute (2024). 6 Ways Peanuts Can Help Your Heart.

Verywell Family (2022). Can I Eat Peanut Butter While Pregnant?

WebMD (2022). Benefits of Protein.

WebMD (2022). Foods to Eat During Your Third Trimester. 

WebMD (2022). Health Benefits of Peanuts.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *