Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil secara Alami di Rumah

Cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Berbagai langkah ini bisa Bunda coba untuk mengatasi keluhan masuk angin, mulai dari perut kembung, sakit kepala, hingga mual, sehingga Bunda bisa kembali fit dengan cepat.

Ibu hamil biasanya lebih rentan mengalami berbagai keluhan, seperti mual, sembelit, atau sebaliknya, diare. Nah, ketika masuk angin, berbagai keluhan ini bisa saja kambuh atau jadi makin berat nih, Bun. Namun, jika sedang mengalaminya, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Ada berbagai cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil yang bisa Bunda lakukan, kok.  

Penyebab Masuk Angin

Masuk angin adalah salah satu istilah yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Sebetulnya, istilah ini belum memiliki definisi yang jelas secara medis, lho. Unik, ya Bun.

Masuk angin kerap diartikan sebagai gejala tidak enak badan, nyeri otot, sakit kepala atau pusing, sakit perut, kembung, mual, dan lemas. Terkadang orang yang masuk angin juga akan lebih banyak bersendawa dan menggigil.

Penyebab masuk angin sendiri masih belum diketahui dengan jelas, tetapi keluhan ini biasanya mirip dengan gejala penyakit yang memang umum terjadi, seperti flu, radang tenggorokan, atau GERD.

Sementara itu, gejala masuk angin pada ibu hamil memang bisa mirip dengan keluhan yang umumnya terjadi karena perubahan hormon.  

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil

Masuk angin memang tidak menyenangkan. Namun, Bunda tak perlu khawatir dan bingung ya, gejala masuk angin umumnya bisa hilang sendiri, kok. Meski demikian, ada berbagai langkah yang bisa dilakukan agar keluhan ini cepat mereda, antara lain.

1. Istirahat yang cukup

Salah satu cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil yang paling mudah dan aman adalah dengan beristirahat yang cukup dan teratur, Bun. Tidur yang cukup mampu meningkatkan sistem kekebalan dan imun tubuh. Dengan begitu, tubuh pun bisa melawan infeksi atau peradangan yang menyebabkan timbulnya gejala flu dan demam atau masuk angin. 

Untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang tidak fit karena masuk angin, Bunda dianjurkan untuk tidur sekitar 7–9 jam setiap hari.

2. Minum air putih yang cukup

Memperbanyak minum air putih adalah cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil yang aman dan mudah dilakukan di rumah. Ini karena air putih akan menjaga tubuh Bunda tetap terhidrasi sehingga pusing dan sakit kepala bisa diatasi. 

Bahkan, air putih juga mampu melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, gejala masuk angin, seperti perut kembung, bisa diatasi. Minum air putih juga bisa meredakan keluhan mual yang kerap terjadi saat hamil. 

Agar asupan cairan tubuh tercukupi, Bunda perlu minum air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari, ya.

3. Minum air jahe

Selain air putih, minuman yang terbuat dari jahe, seperti air atau teh jahe, sekoteng, bandrek, atau wedang, juga bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, lho. Minuman tradisional ini memang bisa mengatasi masuk angin karena mengandung efek antiradang dan antioksidan. 

Dengan mengonsumsi jahe, keluhan perut kembung, begah, sakit kepala, serta sakit perut karena masuk angin pun bisa teratasi. Jahe juga cukup efektif dan aman dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi mual dan batuk saat hamil, Bun. 

4. Minum teh mint

Teh mint  juga termasuk salah satu teh herbal yang cukup ampuh dan aman dikonsumsi untuk menghilangkan mual, mulas, kembung, dan sakit perut karena masuk angin, Bun. 

Berkat aromanya yang menyegarkan, teh mint juga bisa membantu meredakan keluhan morning sickness, sehingga Bunda bisa lebih nafsu makan. Namun, ada yang penting untuk diingat, teh herbal ini sebaiknya dibatasi konsumsinya kalau Bunda punya riwayat asam lambung, ya. 

5. Cukupi asupan vitamin C

Ketika tubuh sedang tidak fit, Bunda perlu mencukupi asupan nutrisi. Nah, salah satu nutrisi yang penting dipenuhi untuk memperkuat imunitas tubuh dan mendukung pemulihan tubuh ketika sakit adalah vitamin C

Vitamin yang bersifat antioksidan ini berperan penting untuk membuat sel-sel darah putih bekerja lebih efektif dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit, serta mendukung proses pemulihan ketika sakit, misalnya karena flu. Dengan demikian, vitamin C bisa meredakan gejala masuk angin, Bun.

Vitamin C bisa diperoleh dari berbagai buah dan sayuran, kiwi, jeruk, cabe, brokoli, jambu, dan mangga. Selain itu, Bunda juga bisa memenuhi asupan vitamin C dengan minum suplemen yang mengandung vitamin C.

6. Makan dengan porsi yang kecil tapi sering

Makan dengan porsi besar akan mempersulit sistem pencernaan untuk mencerna makanan. Akibatnya, perut makin kembung dan begah, sehingga Bunda bisa saja merasa mual. Solusinya, makanlah sedikit tetapi sering untuk membantu mengurangi perut begah dan kembung karena masuk angin.  

Saat makan, pastikan juga Bunda mengunyah makanan dengan perlahan dan tidak makan sambil bicara agar tidak menelan banyak udara.

7. Aktif bergerak dan olahraga

Ketika masuk angin, Bunda mungkin akan jadi kurang bersemangat untuk olahraga. Padahal, olahraga bisa membantu merangsang usus agar lebih aktif bergerak. Dengan demikian, gas yang terperangkap di saluran cerna akan lebih mudah keluar, sehingga keluhan perut kembung dan mual karena masuk angin bisa teratasi.

Selain itu, olahraga juga bisa merangsang pembentukan hormon endorfin, yakni hormon alami tubuh yang bisa mengatasi nyeri dan membuat mood jadi lebih baik. Olahraga juga dapat membantu meredakan keluhan lain yang timbul akibat masuk angin, misalnya sakit kepala dan nyeri otot.

8. Konsumsi makanan berserat

Untuk mempermudah sistem pencernaan mengolah makanan, Bunda bisa mengonsumsi makanan berserat, seperti ubi jalar, sayuran hijau, kacang polong, dan kedelai, sebagai cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil. Pencernaan yang lancar akan membuat buang air besar menjadi lebih mudah dan teratur sehingga perut pun terhindar dari rasa kembung dan begah.

Nah, mudah sekali kan, Bun, cara-cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil di atas? Meski bisa sembuh dengan sendirinya, tidak ada salahnya menerapkan beberapa tips tersebut supaya keluhan bisa cepat hilang. Namun, jika keluhan Bunda tidak kunjung sembuh dan makin parah, segera periksakan diri ke dokter ya, Bun.

Sumber:

Australian Government Department of Health and Aged Care. Pregnancy Birth & Baby (2023). Herbal Teas During Pregnancy and Breastfeeding.

Victoria State Government Australia (2023). Better Health Channel Australia. Flatulence.

Mount Sinai. Peppermint.

Nationwide Children. Ease Nausea with Natural Remedies.

National Health Service UK (2022). Farting (Flatulence).

Suni, E. Sleep Foundation (2023). How Sleep Affects Immunity.

Levine, H. Baby Center (2021). Bloating and Gas During Pregnancy.

Levine, H. Baby Center (2021). Pregnancy-Safe Tea.

Groves, M. Healthline (2023). 12 Science-Backed Benefits of Peppermint Tea and Extracts.

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

Soliman, Y. Healthline (2023). Everything You Need to Know About Flatulence.

Pattemore, C. Healthline (2022). Scientists Finally Figure Out Why You’re More Likely to Get Sick in Cold Weather.

Murray, D. Parents (2024). Ways to Cope With Pregnancy Gas.

Miller, K. The Bump (2023). What’s the Deal With Pregnancy Bloating? (and How to Get Relief).

Wisner, W. Verywell Family (2023). Can I Drink Peppermint Tea While Pregnant?

WebMD (2023). I’m Dizzy. What Should I Do?

WebMD (2023). Top Foods High in Vitamin C.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *