Bolehkah Ibu Hamil 2 Bulan Minum Air Kelapa Muda? Ini Faktanya

bolehkah ibu hamil 2 bulan minum air kelapa muda, diary bunda

Bolehkah ibu hamil 2 bulan minum air kelapa muda mungkin kini menjadi pertanyaan Bunda. Ada yang bilang air kelapa muda bisa membahayakan janin, tetapi ada juga yang bilang minum air kelapa muda aman-aman saja. Jadi, mana yang benar? Yuk, simak artikel ini untuk tahu jawabannya, Bun.

Cuaca panas, paling enak minum air kelapa muda. Iya nggak, Bun? Di samping rasanya yang menyegarkan, air kelapa muda juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh, lho, salah satunya untuk mencegah dehidrasi.

Meski begitu, ada ibu hamil yang meragukan keamanan minum air kelapa muda saat hamil 2 bulan. Soalnya, ada anggapan bahwa air kelapa muda bisa membahayakan janin. Namun, untuk tahu faktanya, ketahui dulu yuk apa saja kandungan yang ada di dalam air kelapa muda dan apakah berbahaya bagi kehamilan.

Berbagai Kandungan Air Kelapa Muda dan Manfaatnya

Air kelapa muda mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti karbohidrat, kalium, dan vitamin C. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa nutrisi tersebut serta manfaatnya:

1. Karbohidrat

Dalam 100 mililiter (ml) air kelapa muda terkandng sekitar 4 gram karbohidrat dan gula alami, Bun. Karena kandungannya ini, air kelapa muda bisa dijadikan sumber energi tambahan bagi tubuh, terutama saat hamil. 

Tak hanya menghilangkan dahaga, air kelapa juga sangat baik untuk mencegah dehidrasi, khususnya pada ibu hamil 2 bulan yang tengah mengalami keluhan mual muntah karena morning sickness.

Selain itu, karbohidrat yang terkandung dalam air kelapa juga merupakan karbohidrat kompleks. Jadi, minum air kelapa muda baik untuk menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat terlalu drastis. Dengan begitu, Bunda pun bisa terhindar dari diabetes gestasional.

2. Kalium

Selain karbohidrat, dalam 100 ml air kelapa muda juga terdapat sekitar 165 miligram (mg) kalium, Bun. Mineral yang terdapat pada air kelapa muda ini bermanfaat dalam menjaga tekanan darah tinggi tetap normal sehingga hipertensi saat hamil bisa dicegah.

Kalium yang terdapat pada air kelapa muda juga bisa mengontrol kontraksi otot. Apabila kebutuhan kalium terpenuhi, Bunda bisa terhindar dari kram otot.

3. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang lebih dikenal ada dalam susu. Akan tetapi, nutrisi ini ternyata juga ada dalam air kelapa muda lho, Bun. Kandungan kalsium dalam 100 ml  air kelapa muda adalah 15 mg kalsium. Meski tidak terlalu banyak, jumlah kalsium ini bisa turut membantu untuk melengkapi nutrisi harian saat hamil.

Pada ibu hamil, kalsium bermanfaat untuk menjaga fungsi peredaran darah, gerakan otot, dan pelepasan hormon. Selain itu, mineral ini juga berperan utama untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang Si Kecil selama di dalam kandungan. 

4. Fosfor

Air kelapa muda juga mengandung fosfor yang cukup tinggi. Ada sekitar 8 mg kandungan fosfor dalam 100 gram air kelapa muda. Apabila kebutuhan harian fosfor terpenuhi, pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil selama di dalam kandungan bisa lebih kuat dan optimal. 

5. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam air kelapa muda memang tidak banyak, yaitu hanya 1 mg dalam setiap 100 ml. Meski memang tidak terlalu banyak, kandungan vitamin C ini bisa menjaga kesehatan kulit Bunda, serta menjaga daya tahan tubuh agar Bunda tidak mudah sakit.

Bolehkah Ibu Hamil 2 Bulan Minum Air Kelapa Muda?

Wajar saja apabila Bunda lebih waspada mengenai konsumsi suatu makanan atau minuman saat hamil. Soalnya, apa pun yang Bunda konsumsi akan berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil dalam kandungan, apalagi jika baru hamil 2 bulan.

Nah, setelah tahu apa saja kandungan dan manfaat air kelapa muda, jadi bolehkah ibu hamil 2 bulan minum air kelapa muda? Jawabannya, tentu saja boleh, Bun. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa muda bisa membahayakan janin dan kandungan. 

Justru, minum air kelapa muda bisa bermanfaat bagi kehamilan, terutama untuk mencegah dehidrasi. Ini karena air kelapa tak hanya banyak mengandung air, tetapi juga vitamin dan mineral, seperti kalium, yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit selama hamil. 

Namun, agar tetap aman dan bermanfaat, jangan menambahkan gula, sirup, atau kental manis, ya. Soalnya, pemanis tambahan ini bisa membuat kadar gula darah naik dan berpotensi menyebabkan diabetes gestasional. Selain itu, jika ingin ditambahkan es, pastikan es terbuat dari air matang. 

Minum air kelapa muda saat hamil 2 bulan memang diperbolehkan, Bun. Akan tetapi, kalau Bunda mengalami keluhan, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, setelah mengonsumsinya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter, ya. 

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. Kelapa Muda, Air, Segar (Coconut, Young, Water, Fresh).

Cleveland Clinic (2021). Health Essentials. The Health Benefits of Coconut Water.

Bellano, P.S. Baby Center India. What are the benefits of drinking coconut water during pregnancy?

DiGiacinto, J., & Spitzler, F. Healthline (2023). 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.

Garone, S. Healthline (2020). 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy.

Gavin, M. KidsHealth, Nemours (2020). Pregnant or Breastfeeding? Nutrients You Need.

Frey, M. Verywell Fit (2022). Coconut Water Nutrition Facts and Health Benefits.

Scardelli, L. Verywell Health (2023). Coconut Water: 6 Benefits and When to Drink It.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *