Yuk, Kenali Manfaat Timun untuk Ibu Hamil

Timun untuk ibu hamil memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah untuk mencegah dehidrasi selama hamil. Namun, ternyata manfaat timun untuk ibu hamil tidak sebatas itu saja, masih banyak manfaat lain yang bisa Bunda peroleh. Apa saja ya? 

Banyaknya manfaat timun untuk ibu hamil ini tak lepas dari kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi penting di dalamnya, seperti serat, karbohidrat, protein, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Aneka nutrisi ini tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, Bunda bisa menambahkan timun ke dalam menu makanan harian. 

Beragam Manfaat Timun untuk Ibu Hamil 

Berkat kandungan gizinya yang melimpah, ada banyak manfaat timun untuk ibu hamil yang bisa diperoleh, yaitu:

1. Mencukupi cairan tubuh

Sudah bukan hal aneh kalau ibu hamil kurang nafsu makan karena sering mual dan muntah. Namun, jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, hal ini bisa membuat tubuh ibu hamil lebih berisiko mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi lho, Bun. 

Nah, untuk membantu mencegahnya, Bunda bisa mengonsumsi timun untuk ibu hamil. Ini karena buah timun banyak mengandung air dan elektrolit sehingga baik untuk mencukupi cairan tubuh. Dengan demikian, Bunda pun akan terhindar dari dehidrasi saat hamil.

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan, Bunda juga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi dengan memperbanyak minum air putih atau minuman sehat lain, seperti jus dan air kelapa, ya. 

2. Mencegah sembelit

Bunda, mengonsumsi timun selama hamil bisa mengatasi dan mencegah sembelit, lho. Ini karena kandungan serat dan air di dalam timun baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat tekstur tinja jadi lebih padat dan lembut. 

Untuk mengatasi sembelit saat hamil, Bunda juga dianjurkan untuk lebih banyak bergerak atau berolahraga ringan.

3. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat timun untuk ibu hamil juga baik untuk memperkuat imunitas tubuh. Lho, kok bisa ya, Bun? Ini karena timun mengandung antioksidan, vitamin B, dan vitamin C, yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Bunda akan jadi lebih fit dan lebih jarang sakit. Tak hanya itu, imunitas tubuh ibu hamil yang kuat juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh janin.

4. Meredakan morning sickness

Ketika hamil, Bunda akan lebih sensitif dengan aroma makanan tertentu. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Bunda bisa mengalami mual muntah atau morning sickness. Nah, untuk mengatasinya, Bunda bisa mengonsumsi makanan dengan aroma yang tidak menyengat, seperti timun.

Tak hanya itu, timun juga kaya akan air, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk mencukupi asupan nutrisi dan cairan tubuh, sehingga Bunda tidak akan kekurangan cairan maupun nutrisi meski sedang susah makan. 

5. Meredakan kram kaki 

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Nah, ibu hamil yang mengalami keluhan ini biasanya akan merasakan ketidaknyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari, terutama saat berjalan. 

Untuk meredakan keluhan ini, coba konsumsi timun untuk ibu hamil. Pasalnya, timun mengandung kalium dan magnesium yang melimpah sehingga dapat membantu meringankan kram kaki yang Bunda alami. 

6. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah tinggi saat hamil adalah kondisi ini yang perlu diwaspadai. Alasannya, kondisi ini bisa menyebabkan hipertensi gestasional atau preeklampsia yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin. 

Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium, seperti timun. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar garam dan cairan di dalam tubuh, sehingga bisa mengontrol tekanan darah agar tetap normal. 

7. Mencegah bayi cacat lahir

Tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi timun juga bisa bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil, lho. Kandungan asam folat atau vitamin B9 di dalam timun dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin, seperti anensefali dan spina bifida.

8. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu makanan yang bisa membantu mengatasi permasalahan kulit adalah timun. Buah berwarna hijau ini kaya akan kandungan air, antioksidan, dan vitamin C, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit. Timun juga baik untuk mencegah kulit kering dan teriritasi. 

Tak hanya itu saja, nutrisi yang terdapat dalam timun ini juga membantu tubuh menghasilkan kolagen, sehingga kulit akan tetap lembap dan kencang lho, Bun. 

9. Mengontrol kenaikan berat badan 

Tenang, Bun, bertambahnya berat badan saat hamil adalah hal yang wajar, kok. Namun, tetap tidak boleh berlebihan, ya. Untuk ibu hamil yang mengalami berat badan berlebih atau dianjurkan untuk mengontrol berat badan, Bunda bisa mengonsumsi makanan rendah kalori dengan asupan nutrisi yang tinggi, salah satunya adalah timun. 

10. Menjaga kadar gula darah tetap normal

Timun untuk ibu hamil merupakan salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Itu artinya, jika Bunda mengonsumsi timun selama hamil tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah. Nah, dengan begitu, Bunda bisa terhindar dari risiko terjadinya diabetes gestasional

Sebelum dikonsumsi, jangan lupa untuk mencuci buah ini hingga bersih terlebih dahulu, ya. Hal ini dilakukan agar timun yang dimakan terbebas dari pestisida.

Untuk mendapatkan manfaat timun untuk ibu hamil, konsumsilah buah ini secara bijak dan jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat lainnya guna memperoleh nutrisi yang lengkap. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin ke dokter, ya. 

Sumber: 

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. 6 Health Benefits of Cucumbers.

American Pregnancy (2024). Dehydration During Pregnancy.

Health (2023). 6 Health Benefits of Cucumbers.

Healthline (2024). 6 Health Benefits of Eating Cucumber.

Healthline (2023). Drinking Pickle Juice: 10 Reasons It’s All the Rage.

Healthline (2023). Folic Acid: Everything You Need to Know.

Healthline (2023). What Does Potassium Do for Your Body? A Detailed Review.

Desmon, T.M. Parents (2023). Suffering From Morning Sickness? These 15 Foods Can Fight Nausea During Pregnancy.

Verywell Health (2024). Are Cucumbers Good for You?

WebMD (2023). Potassium-Rich Foods. 

WebMD (2023). Why Cucumbers Are Good for You. 

WebMD (2022). Cucumber.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *