Daftar Makanan Penguat Kandungan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

daftar makanan penguat kandungan, diary bunda

Ada berbagai makanan penguat kandungan yang bisa Bunda konsumsi, lho. Makanan ini bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama pada trimester pertama. 

Mengingat kandungan yang masih sangat rapuh pada trimester pertama, banyak ibu hamil yang berupaya untuk menjaga agar kandungan lebih kuat. Kondisi kandungan yang kuat dipercaya memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami keguguran. 

Nah, untuk memperkuat kandungan, Bunda bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan saat hamil. Yuk, cari tahu apa saja makanan penguat kandungan yang baik dikonsumsi oleh Bunda!

Berbagai Makanan Penguat Kandungan

Agar kandungan kuat, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, vitamin C, dan asam folat. Nah, inilah beberapa makanan penguat kandungan dengan nutrisi-nutrisi tersebut:

1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan penguat kandungan, Bun. Jenis sayuran yang bisa Bunda konsumsi adalah sayuran yang warnanya hijau, seperti bayam, sawi, pakcoi, kangkung, dan brokoli. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut, Bunda bisa mencukupi asupan berbagai nutrisi, seperti kalsium, zat besi, vitamin C, dan asam folat.

Apabila asupannya tercukupi, berbagai nutrisi tersebut bisa memperkuat kandungan dengan mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, Bun. Misalnya, kalsium berguna untuk pembentukan tulang, serta asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf.

2. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga merupakan makanan penguat kandungan lho, Bun. Soalnya, buah-buahan banyak mengandung nutrisi yang tidak kalah penting untuk tubuh, seperti vitamin C dan antioksidan. 

Vitamin C dan antioksidan sendiri bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Berkat manfaatnya ini, buah-buahan baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan pada janin.

Untuk mengonsumsi buah-buahan, Bunda bisa memilih buah yang berwarna cerah, ya, seperti mangga, jeruk, jambu, kiwi, dan apel. Buah-buahan dengan warna cerah tersebut memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang lebih banyak sehingga baik untuk menyehatkan kandungan, Bun. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti buncis, kacang polong, kacang tanah, dan kacang kedelai, bisa menjadi makanan penguat kandungan karena kaya akan protein, serat, asam folat, dan zat besi. Dengan konsumsi kacang-kacangan, kebutuhan Bunda akan berbagai nutrisi tersebut bisa terpenuhi.

Apabila asupan gizi terpenuhi, kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin pun akan jadi lebih optimal. Dengan begitu, janin dan kandungan bisa lebih kuat dan sehat sampai masa persalinan.

4. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak, baik daging sapi maupun daging ayam, merupakan makanan yang kaya akan protein, sehingga bisa dijadikan makanan penguat kandungan. Dengan konsumsi daging tanpa lemak, tumbuh kembang dan proses pembentukan organ tubuh janin pun bisa lebih optimal.

Selain protein, daging tanpa lemak juga banyak mengandung zat besi. Mineral ini sangat berperan dalam pembentukan sel darah yang sehat, sehingga nutrisi dan oksigen bisa disalurkan dengan cukup ke janin. Zat besi juga dapat mencegah Bunda dari anemia saat hamil, lho.

5. Telur 

Makanan penguat kandungan yang juga kaya akan protein adalah telur. Dalam telur, terkandung protein, omega-3, dan kolin, yang bisa mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin. Dengan begitu, kecacatan otak dan saraf pada janin, seperti anensefali dan spina bifida, bisa dicegah.

Pastikan telur yang Bunda konsumsi dalam kondisi matang sempurna, ya. Alasannya, telur yang tidak matang bisa saja masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

6. Ikan

Sama seperti telur, ikan juga mengandung protein dan omega-3 yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Akan tetapi, konsumsi ikan sebaiknya dibatasi, yakni maksimal 340 gram per minggunya. Hal ini dilakukan untuk menghindari paparan merkuri berlebihan yang bisa mengganggu tumbuh kembang janin.

7. Oatmeal

Sebagian orang mungkin merasa “belum makan” kalau belum menyantap nasi. Wajar saja, soalnya nasi memang merupakan sumber karbohidrat yang mengenyangkan. 

Sesekali, coba deh ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, misalnya oatmeal. Soalnya, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, yakni jenis karbohidrat yang lebih sehat karena tidak menaikkan kadar gula darah dengan cepat. 

Tidak hanya membuat ibu hamil lebih berenergi, oatmeal juga mengandung protein dan vitamin B6 yang bagus untuk perkembangan otak dan saraf janin selama di dalam kandungan.

8. Tahu dan tempe

Makanan sederhana yang banyak ditemukan di Indonesia ini juga termasuk makanan penguat kandungan, lho. Tak hanya murah dan bisa diolah menjadi aneka hidangan yang nikmat, tahu dan tempe juga merupakan sumber protein, vitamin, serta mineral yang sangat baik untuk menguatkan kandungan Bunda. 

9. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, bisa menjadi makanan penguat kandungan karena kaya akan kalsium dan protein. Protein dalam susu bisa mendukung perkembangan otak dan saraf, sedangkan kalsium dalam susu bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Nah, itulah makanan penguat kandungan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Perlu diingat, sumber asupan nutrisi ibu hamil selama mengandung berasal dari makanan dan minuman. Jadi, pastikan untuk menjaga konsumsi makanan dan minuman ya, Bun.

Apabila Bunda ingin tahu mengenai jenis makanan penguat kandungan lainnya, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter ya, Bun. Dokter akan menyarankan makanan yang bisa Bunda konsumsi agar janin dan kandungan selalu sehat dan kuat.

Sumber:

UNICEF. What to eat when pregnant.

National Health Services U.K. (2023). Pregnancy. Have a Healthy Diet in Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). Pregnancy & Childbirth. Nutrition During Pregnancy: Foods To Include and Foods To Avoid.

Mayo Clinic (2023). Pregnancy Week by Week. Pregnancy and Fish: What’s Safe to Eat?

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Pregnancy Diet: Focus on These Essential Nutrients.

Dasher, E. Baby Center (2021). Legumes During Pregnancy.

Dougherty, E. Baby Center (2021). What to eat when pregnant: The 12 best foods.

Bjardanottir, A. Healthline (2023). A Guide on What to Eat During Pregnancy.

McDermott, A. Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Higuera, V. Healthline (2020). Can You Eat Eggs During Pregnancy?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *