Yuk, Ketahui Kapan Bayi Bisa Melihat

kapan bayi bisa melihat, diary bunda

Kapan bayi bisa melihat memang sering menjadi pertanyaan para orang tua, Bun. Selain untuk memastikan penglihatan bayi baik-baik saja setelah lahir, mengetahui kapan bayi bisa melihat juga bisa membantu orang tua agar cepat mengenali jika ada gangguan pada penglihatan bayi. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui kapan bayi bisa melihat.

Tidak seperti indra pendengaran bayi yang sudah berkembang dengan sempurna sejak dalam kandungan, indra penglihatan bayi baru akan berkembang secara bertahap setelah bayi dilahirkan. Oleh karena itu, penting bagi Bunda dan Ayah untuk mengamati setiap perkembangan penglihatan bayi agar terhindar dari gangguan pada mata.

Berbagai Tahapan Perkembangan Bayi Bisa Melihat

Seiring dengan pertambahan usianya, indra penglihatan bayi akan berkembang secara bertahap, Bun. Nah, inilah beberapa tahapan perkembangan penglihatan bayi berdasarkan usianya:

1. Baru lahir sampai 1 bulan

Tahu gak, Bun? Setelah lahir, Si Kecil sebenarnya sudah bisa melihat, lho. Namun, ia belum mampu melihat sesuatu dengan jelas, apalagi kalau jaraknya jauh. Bayi biasanya hanya bisa melihat objek yang jaraknya sekitar 20–30 cm. Karena masih susah membedakan warna, Si Kecil juga lebih tertarik melihat objek dengan warna yang cerah.

Pada usia ini juga, Si Kecil belum bisa fokus melihat pada satu benda atau objek, Bun. Ini membuat bola matanya terkadang tidak bergerak secara bersamaan atau seperti juling. Meski begitu, Bunda gak perlu khawatir ya, sebab ini adalah hal yang normal, kok. Penglihatan Si Kecil akan semakin baik saat usianya memasuki 2 bulan.

2. Usia 2–4 bulan

Pada usia ini, Si Kecil yang tadinya sulit melihat warna serupa, seperti merah dan oranye, mulai bisa membedakannya dengan jelas. Ia juga mulai tertarik melihat benda dengan pola yang cukup rumit dan berwarna. Untuk mendukung perkembangan ini, Bunda bisa mulai memperkenalkan buku, gambar, atau mainan yang berwarna cerah.

Selain itu, bola mata Si Kecil juga sudah bisa mengikuti setiap gerakan benda, terutama benda yang berwarna cerah. Misalnya, ketika Bunda menggoyang-goyangkan mainan di depannya, Si Kecil akan mengikuti pergerakan mainan tersebut sambil melayangkan tangan, seolah ingin menjangkaunya. Menggemaskan ya, Bun?

Nah, ketika sudah berusia 4 bulan, Si Kecil sudah mampu memperkirakan jarak antara dirinya dan benda yang ia lihat itu, Bun. Dengan kemampuan motoriknya yang juga terus berkembang, Si Kecil bahkan mampu menjangkau benda yang ia lihat dengan tangannya. 

3. Usia 5–8 bulan

Memasuki usia 5 bulan, Si Kecil sudah mulai bisa melihat benda-benda kecil dengan makin baik, serta memperhatikan objek yang bergerak dengan fokus. Pada usia ini pula, Si Kecil mungkin suka bermain cilukba karena ia sudah mulai bisa mengenali suatu objek walaupun objek tersebut tidak dilihatnya dalam beberapa waktu.

Selain itu, kemampuan Si Kecil untuk membedakan warna juga makin baik. Ia juga sudah bisa membedakan warna-warna pastel, seperti lavender atau lilac, hijau muda, pink, dan biru muda, yang sebelumnya cukup sulit ia bedakan. 

Pada usia 8 bulan, penglihatan Si Kecil sudah hampir sempurna seperti penglihatan orang dewasa. Meski begitu, penglihatannya masih kurang jelas apabila jarak objeknya sangat jauh.

4. Usia 9–12 bulan

Pada rentang usia ini, penglihatan Si Kecil bisa dibilang sudah sempurna, Bun. Sebab, Si Kecil sudah bisa melihat objek yang dekat hingga yang jauh. Bahkan, Si Kecil pun sudah bisa mengingat wajah seseorang yang sebelumnya sudah pernah ia lihat, lho.

Jadi, setelah mengetahui bagaimana tahapan perkembangan penglihatan bayi, kapan bayi bisa melihat? Jawabannya adalah dari lahir ya, Bun. Penglihatan Si Kecil ketika baru lahir memang belum terlalu bagus, tetapi seiring dengan pertambahan usia, penglihatan Si Kecil akan berubah dan menjadi sempurna seperti orang dewasa. 

Untuk mencegah gangguan pada penglihatan Si Kecil, Bunda harus memastikan perkembangannya baik, ya. Apabila mata Si Kecil tetap terlihat juling sampai usianya 3–4 bulan, periksakan ke dokter ya, Bun. Ini bisa saja menandakan Si Kecil mengalami gangguan pada otot matanya.

Sumber:

Nationwide Children’s Hospital (2023). Family Resources & Education. Infant Vision Birth to One Year.

Boyd, K. American Academy of Ophthalmology (2022). Vision Development: Newborn to 12 Months.

Dasher, E. Baby Center (2022). Your Baby’s Sense of Sight.

Timmons, J. Healthline (2019). When Do Newborn Babies Start to See?

Cook, E. Parents (2023). Understanding Your Baby’s Developing Vision.

Shatzman, C. The Bump (2023). When Can Babies See Clearly?

Parker, S. WebMD (2022). How Well Can Newborn Babies See?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *