Begini Posisi Tidur agar Bayi Cepat Lahir

posisi tidur agar bayi cepat lahir, diary bunda

Posisi tidur agar bayi cepat lahir perlu Bunda ketahui, nih. Soalnya, posisi tidur yang benar bisa memudahkan Si Kecil untuk masuk ke jalan lahir. Dengan begitu, proses persalinan pun akan berjalan lebih lancar. Nah, untuk mengetahui bagaimana posisi tidur yang benar sambil menunggu kelahiran Si Kecil, yuk simak artikel ini!

Salah satu tanda bayi akan lahir adalah posisi kepalanya sudah masuk panggul atau jalan lahir. Namun, tidak semua bayi bisa dengan mudah masuk panggul, Bun. Ada bayi yang bisa masuk ke panggul dengan lancar dan alami, ada juga yang perlu dirangsang dengan beberapa cara tertentu.

Nah, salah satu cara untuk merangsang bayi agar masuk ke jalan lahir adalah dengan menerapkan posisi tidur yang benar. Dengan melakukan langkah ini, proses persalinan Bunda bisa menjadi lebih lancar, sehingga Si Kecil pun lebih mudah dilahirkan.

Mengetahui Posisi Tidur agar Bayi Cepat Lahir

Untuk memudahkan Si Kecil masuk ke jalan lahir, Bunda bisa tidur dengan posisi miring ke kiri. Soalnya, tidur dengan posisi miring ke kiri bisa memberi ruang lebih di sisi kiri panggul, sehingga janin tidak susah untuk masuk ke jalan lahir. 

Selain bisa memberi ruang lebih bagi bayi, posisi tidur ini juga tidak akan menekan aliran darah menuju rahim, Bun. Dengan begitu, aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi untuk janin tidak akan terhambat.

Berkat banyaknya manfaat posisi tidur miring ke kiri, tak heran jika posisi ini adalah posisi tidur yang terbaik selama kehamilan. Jadi, sebisa mungkin terapkan posisi miring ke kiri ya, Bun.

Kalau belum terbiasa atau merasa nyaman tidur miring ke kiri, Bunda bisa menggunakan bantal hamil, lho. Untuk menggunakannya, Bunda bisa menekuk lutut dan menempatkan bantal di antara paha, sehingga punggung dan perut bisa disangga.

Nah, bagaimana kalau miring ke kanan? Apakah boleh? Jawabannya boleh saja ya, Bun, apalagi kalau Bunda lebih nyaman tidur miring ke sisi kanan. Posisi tidur miring ke kanan juga tidak akan menekan rahim sehingga aman untuk dilakukan.

Meski begitu, tidur miring ke kanan bisa menekan organ hati atau liver, Bun. Jadi, Bunda bisa tidur miring ke kanan, tetapi tidak boleh terlalu lama, misalnya sepanjang malam atau setiap malam. 

Yang pasti, Bunda perlu menghindari posisi tidur telentang dan tengkurap, ya. Alasannya, selain bisa membuat punggung Bunda menjadi terasa nyeri dan pegal, posisi tidur ini juga bisa mengganggu kelancaran aliran darah menuju rahim. Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi bagi bayi bisa terganggu.

Tips agar Bayi Cepat Lahir

Selain dengan menerapkan posisi tidur agar bayi cepat lahir, Bunda juga bisa melakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk membantu mempercepat proses persalinan:

  • Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai atau yoga, setidaknya 30 menit setiap hari.
  • Jaga posisi duduk dan berdiri tetap tegak agar bayi lebih leluasa untuk masuk ke panggul.
  • Lakukan butterfly pose, yaitu posisi duduk di lantai dengan menempelkan kedua tumit kaki.
  • Duduk di atas birthing ball, yaitu bola lentur yang biasa digunakan untuk yoga atau pilates. Posisi duduk dengan membuka kaki di birthing ball akan membuka rongga panggul sehingga bayi lebih mudah turun ke jalan lahir.
  • Lakukan pijat kehamilan agar otot-otot panggul mengendur sehingga bisa memudahkan bayi untuk masuk jalan lahir.
  • Cobalah untuk berhubungan seksual dengan pasangan. Dengan catatan, kegiatan ini hanya boleh dilakukan saat ketuban belum pecah atau jika kondisi Bunda dinyatakan aman oleh dokter, ya.
  • Pijat puting payudara dengan lembut agar tubuh mengeluarkan hormon yang bisa memicu kontraksi, yaitu hormon oksitosin.

Posisi tidur agar bayi cepat lahir memang sangat disarankan untuk ibu hamil, Bun. Selain bisa memudahkan proses persalinan, tidur dengan posisi miring ke kiri atau ke kanan juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Apabila janin tidak juga menunjukkan tanda-tanda akan keluar meski posisi tidur yang benar dan tips lainnya sudah dilakukan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter, ya. Terlebih jika waktu persalinan memang sudah makin dekat. Dengan pemeriksaan ke dokter, penanganan yang sesuai kondisi ibu hamil juga akan dilakukan.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Positions for labour and birth.

Cleveland Clinic (2024). Pregnancy & Childbirth. Is There Any Guaranteed Way To Induce Labor?

Baby Center (2023). What’s The Best Sleeping Position During Pregnancy?

Marcin, A. Healthline (2023). Natural Ways to Induce Labor.

Marcin, A. Healthline (2023). What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant?

Nall, R. Healthline (2019). Moving Right Along: Fetal Station in Labor and Delivery.

Ashmore, S. Parents (2024). 10 Labor Positions to Try While Giving Birth.

Harris, The Bump (2024. The Best Exercises to Induce Labor Naturally.

Weiss, R.E. Verywell Family (2021). 10 Positions to Make Labor More Comfortable.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *