Sakit Pinggang Apakah Tanda Hamil? Ini Jawabannya

Sakit pinggang apakah tanda hamil? Hal ini cukup membingungkan bagi sebagian wanita. Soalnya, terkadang sakit pinggang juga bisa menjadi gejala menstruasi maupun sindrom premenstruasi. Nah, daripada bingung, cari tahu jawabannya di sini yuk, Bun! 

Sakit pinggang pada wanita memang bisa terjadi karena kehamilan maupun menstruasi. Meski bisa terasa mirip, keduanya memiliki ciri yang berbeda lho, Bun.

Sakit pinggang saat haid disebabkan oleh zat prostaglandin yang menyebabkan otot rahim berkontraksi. Hal ini memang normal terjadi sebagai upaya tubuh untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Kondisi ini umumnya bersifat ringan dan akan membaik sendiri dalam beberapa hari, Bun. Terus, bagaimana dengan sakit pinggang yang mengarah ke tanda hamil?

Sakit Pinggang Apakah Tanda Hamil? 

Jawabannya adalah iya. Sakit pinggang merupakan salah satu tanda umum kehamilan. Sakit pinggang tanda hamil biasanya mulai terasa ketika usia kehamilan sekitar 2–3 minggu. Selain itu, keluhan ini terkadang juga bisa dirasakan ketika usia kandungan mencapai trimester kedua dan ketiga, Bun. 

Sakit pinggang tanda hamil umumnya terjadi karena perubahan hormon yang menyebabkan ligamen di sekitar panggul dan rahim meregang, sehingga otot-otot perut dan pinggang jadi lebih kaku. Nah, hal inilah yang menimbulkan rasa sakit di pinggang, Bun. 

Selain perubahan hormon, sakit pinggang karena tanda hamil juga bisa muncul karena beberapa hal, mulai dari berat badan yang bertambah, perubahan postur tubuh, hingga ukuran janin dan rahim yang kian membesar, Bun. Karena normal terjadi, Bunda tidak perlu khawatir, ya. 

Perlu diketahui juga, keparahan dan intensitas sakit pinggang saat hamil bisa berbeda-beda, lho. Ada yang rasa sakitnya terasa ringan dan hilang timbul, ada juga yang rasa sakitnya terasa berat, bahkan terjadi secara terus-menerus, Bun. 

Biasanya, ibu hamil akan mengalami keluhan sakit pinggang yang lebih berat atau lebih sering muncul jika memiliki riwayat kondisi tertentu, seperti skoliosis atau saraf terjepit. 

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil 

Sakit pinggang saat hamil biasanya akan membaik sendiri seiring waktu atau setelah Bunda melahirkan. Namun, jika merasa terganggu oleh keluhan ini, Bunda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil berikut: 

  • Berolahraga secara teratur guna memperkuat otot punggung dan perut. Pilihlah olahraga yang ringan dan aman untuk ibu hamil, seperti berjalan santai, berenang, yoga, senam ibu hamil, atau stretching.
  • Hindari terlalu sering mengangkat benda berat. Jika terpaksa harus mengangkatnya, lakukan secara perlahan dan pastikan posisi tubuh Bunda tidak membungkuk saat mengangkat atau mengambil benda tersebut dari lantai. 
  • Kompres hangat bagian pinggang yang nyeri selama 15 menit, kemudian kompres dingin selama 15 menit di bagian yang sama. Hal ini bisa membantu meredakan sakit pinggang. 
  • Lakukan relaksasi dengan mandi dengan air hangat, yoga, atau pijat hamil. 
  • Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pilihlah sepatu yang berhak rendah dan nyaman. 
  • Pastikan punggung tetap lurus ketika duduk. Jika perlu, gunakanlah bantal untuk menopang punggung. 
  • Jangan berdiri atau duduk selama lebih dari 30 menit.
  • Istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya 7–9 jam per hari. Gunakan kasur yang nyaman untuk tidur. Bunda juga bisa tidur dengan posisi miring ke kiri, ya. 

Selain itu, Bunda juga perlu menghindari aktivitas yang bisa memberi beban terlalu berat di pinggang dan punggung, seperti berlari, menaiki tangga curam, atau hiking.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan sakit pinggang apakah tanda hamil. Selain sakit pinggang, ada banyak perubahan pada tubuh yang menjadi tanda awal kehamilan, seperti telat haid, keluar bercak darah dari vagina (perdarahan implantasi), morning sickness, cepat lelah, sering buang air kecil, serta payudara terasa nyeri, sensitif, dan bengkak.

Untuk memastikan hamil atau tidak, Bunda sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack, ya. Di samping itu, jangan ragu juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Bunda bisa lho menghubungi dokter melalui chat online.

Sumber: 

Victoria State Government Australia (2024). Better Health Channel Australia Pregnancy – Signs and Symptoms. 

National Health Service UK (2024). Pregnancy. Back Pain in Pregnancy. 

National Health Service UK (2023). Health A to Z. Scoliosis.

Johns Hopkins Medicine. Back Pain in Pregnancy.

Baby Center (2024). Lower Back Pain During Pregnancy.

Baby Center (2023). Back Pain In Pregnancy. 

Healthline (2024). How You Can Relieve Severe Back Pain During Pregnancy.

MedicineNet (2022). How Soon Can You Get Symptoms of Pregnancy?

The Bump (2024). How to Relieve Back Pain in Pregnancy.

Verywell Health (2024). Period Back Pain: Steps to Find Relief.

WebMD (2022). Back Pain in Pregnancy.

What To Expect (2024). Pregnancy Symptoms: 14 Early Signs of Pregnancy.

What To Expect (2022). Back Pain During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *