Hamil 4 Bulan Apa yang Dirasakan Bunda, Ya?

Sudah hamil 4 bulan, nih. Kira-kira, apa yang akan dirasakan Bunda, ya? Tenang saja, Bun. Jika bulan sebelumnya Bunda kerap mengalami keluhan yang mengganggu kenyamanan, pada usia kehamilan ini keluhan tersebut perlahan akan menghilang. Lantas, apa saja yang akan terjadi pada Bunda di bulan ke-4 kehamilan?

Asyik, kini Bunda sudah memasuki trimester 2 kehamilan! Kalau bertanya hamil 4 bulan apa yang dirasakan, pada bulan ini Bunda mungkin bisa sedikit bersantai dan menikmati momen-momen kehamilan. Soalnya, beberapa keluhan di trimester sebelumnya mulai mereda. 

Namun, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan dan persiapkan juga ya selama kehamilan di bulan ke-4. Yuk, simak info lengkapnya!  

Hamil 4 Bulan Apa yang Dirasakan?

Pada trimester 1, Bunda mungkin mengalami beberapa keluhan sebagai tanda awal kehamilan, mulai dari mual muntah (morning sickness), payudara nyeri dan sensitif, sering buang air kecil, kelelahan, mood swing, sembelit, hingga heartburn.

Untungnya, berbagai keluhan tersebut biasanya akan mulai membaik ketika memasuki bulan ke-4 kehamilan. Sementara itu, Bunda mungkin akan merasakan beberapa hal selama di usia 16 minggu ini, seperti:

1. Baby bump mulai terlihat

Saat mengetahui adanya kehamilan, perut Bunda tidak langsung membesar dan terlihat sedang hamil, lho. Ini karena ukuran janin memang masih sangat kecil. Meski demikian, janin akan terus berkembang dan bertumbuh sehingga perut Bunda nantinya makin membesar. 

Nah, memasuki bulan ke-4, biasanya baby bump akan mulai terlihat dan membuat sebagian orang mungkin akan menyadari kalau Bunda sedang hamil. Selain itu, saat hamil 4 bulan Bunda juga mungkin akan memerlukan baju dan celana khusus ibu hamil.

Namun, baby bump bisa saja baru terlihat di akhir trimester kedua karena setiap ibu hamil memiliki bentuk tubuh dan kondisi kandungan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Bunda jangan panik dulu ya jika baby bump belum terlihat di awal trimester 2.

2. Merasa gerakan halus di perut

Mungkin, Bunda akan merasakan sensasi seperti ada kupu-kupu yang terbang dan menggelitik di perut atau seperti ada gelembung pecah. Nah, jangan kaget ya kalau di usia kehamilan ini Bunda tiba-tiba merasakan gerakan tersebut dari dalam perut. 

Biasanya, gerakan pertama janin (quickening) memang akan terasa di bulan ke 4, tepatnya minggu 16–20. Hal ini sendiri menjadi momen yang ditunggu-tunggu ibu hamil, lho.

3. Rambut dan kulit lebih berkilau

Di usia 4 bulan juga menjadi momen dimana sebagian ibu hamil merasa berenergi dan lebih cantik. Ini disebut dengan pregnancy glow karena rambut ibu hamil akan terasa lebih lebat dan berkilau. 

Bahkan, kuku ibu hamil jadi lebih kuat dan kulit pun terlihat lebih glowing dan berseri. Hal ini sendiri terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen yang membuat kulit jadi lebih mulus dan mengkilap.

4. Berat badan bertambah

Seiring dengan pertumbuhan janin yang membuat berat badannya meningkat, berat badan ibu hamil pun cenderung bertambah lho. Normalnya, ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 0,4 kilogram per minggu.

Namun, jumlah berat badan yang bertambah bisa berbeda-beda dan tergantung pada berat sebelum hamil, ya. Apabila Bunda khawatir dengan kenaikan berat badan berlebih atau justru menurun selama hamil, jangan sungkan untuk  berkonsultasi dengan dokter ya. 

5. Nafsu makan meningkat

Selama trimester 1, Bunda mungkin jadi tidak selera makan karena sering merasa mual dan muntah. Untungnya, keluhan ini menghilang saat kehamilan memasuki bulan ke-4. 

Saat hamil bulan 4, yang dirasakan justru adalah peningkatan nafsu makan. Hal ini sangat wajar dan normal, Bun. Saat nafsu makan sudah lebih baik dari trimester sebelumnya, Bunda bisa memperbaiki pola makan dan memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi, ya. 

Soalnya, janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Menjaga pola makan dengan makanan bernutrisi juga bisa membantu mencegah kenaikan berat badan berlebih, lho. 

Umumnya, bulan ke-4 ini merupakan saatnya bagi ibu hamil untuk bisa menikmati kehamilannya lebih santai. Namun, hamil 4 bulan apa yang dirasakan bisa saja berbeda ya pada setiap orang. 

Mungkin saja sebagian ibu hamil masih merasakan beberapa keluhan, seperti pegal dan sakit pada punggung, sembelit, kaki kram dan bengkak, payudara membesar, kram perut bawah, sesak napas, gusi sensitif dan berdarah, hingga mudah lupa (pregnancy brain). Hal ini normal terjadi pada masa kehamilan bulan ke-4.

Tips untuk Bunda di Usia Kehamilan 4 Bulan

Agar kondisi kesehatan tubuh dan janin tetap sehat sekaligus menjaga kenyamanan selama hamil, Bunda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan bra yang nyaman dan sesuai dengan bentuk serta ukuran payudara Bunda. Bila Perlu, Bunda bisa menggunakan bra khusus ibu hamil.
  • Pilih pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat agar mempermudah Bunda selama beraktivitas.
  • Gunakan skincare atau pembersih wajah yang dapat mengontrol minyak berlebih guna mencegah dan mengatasi jerawat.
  • Gunakan bantal penyangga di belakang punggung apabila Bunda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk seharian. 
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral.
  • Perbanyak konsumsi air putih minimal 8–10 gelas per hari.

Hamil 4 bulan umumnya bisa membuat Bunda menjalani masa kehamilan dengan lebih nyaman. Namun, Bunda tetap perlu memperhatikan kondisi tubuh, ya. Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala yang perlu diwaspadai selama hamil 4 bulan:

  • Muncul flek atau pendarahan yang banyak dari vagina
  • Nyeri di punggung atau perut yang parah
  • Demam 
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Penglihatan kabur, buram, dan disertai pusing
  • Keputihan encer yang mirip ketuban pecah
  • Sakit kepala parah
  • Muntah atau diare terus-menerus

Jika mengalami salah satu gejala di atas, Bunda sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi Bunda dan janin aman, ya. Bunda bisa berkonsultasi melalui chat karena lebih praktis, lho. 

Sumber:

Victoria State Government Australia (2023). Better Health Channel Australia. Pregnancy Stages and Changes.

Cleveland Clinic (2022). Quickening in Pregnancy.

Mayo Clinic (2024). 1st Trimester Pregnancy: What to Expect.

American College of Obstetricians and Gynecologists (2020). How Much Water Should I Drink During Pregnancy?

American Pregnancy Assocation. 16 Weeks Pregnant

Bellefonds, C. BabyCenter. Pregnancy Hunger: How to Handle Increased Appetite in Pregnancy.

Hollowood, K. Flo Health (2023). 16 weeks pregnant: Your guide to this week of your second trimester.

Bradley, S. Healthline (2020). What to Expect at 4 Months Pregnant.

MSD Manuals. Table: Guidelines for Weight Gain During Pregnancy.

Harris, N. Parents (2024). Your Pregnancy Symptoms Week by Week.

The Bump (2024). Baby and You at 16 Weeks Pregnant.

WebMD (2023). The Second Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Middle Pregnancy.

WebMD (2023). When Do Pregnant Women Start Showing?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *