Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil, Atasi Lelah sampai Cegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat manggis untuk ibu hamil bisa diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satunya ialah vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan. Selain itu, manggis juga baik dikonsumsi agar janin terlahir sehat. 

Karena cita rasanya yang manis dan agak asam, tak heran jika manggis menjadi salah satu buah favorit ibu hamil, terlebih bagi yang sedang ngidam atau mual. Selain rasanya yang menyegarkan, manggis juga memiliki banyak manfaat baik lho berkat kandungan karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B9 (folat), vitamin B2, mangan, hingga magnesium di dalamnya.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, kira-kira apa saja ya manfaat buah manggis untuk ibu hamil? 

Ragam Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Bunda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi, seperti buah-buahan. Salah satu pilihan buah yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil adalah manggis.

Buah manggis sendiri mudah ditemukan dan sering kali digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sariawan, diare, dan luka. Nggak hanya itu, manggis juga memiliki banyak manfaat lain lho, terutama untuk mendukung kesehatan ibu hamil. 

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat manggis untuk ibu hamil yang bisa Bunda peroleh:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat hamil, sistem kekebalan tubuh cenderung melemah dan hal ini bisa membuat ibu hamil mudah jatuh sakit. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti manggis.

Karena bersifat sebagai antioksidan, vitamin C dalam manggis mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mendukung kinerja sel-sel darah putih pembangun imunitas tubuh. Tak hanya itu, antioksidan di dalam manggis juga bisa menangkal efek radikal bebas sehingga daya tahan tubuh pun bisa meningkat.

2. Menambah stamina

Kehamilan juga bisa membuat ibu hamil mudah lelah dan tidak berenergi, lho. Hal ini terjadi karena perubahan kadar hormon progesteron serta tubuh ibu hamil yang bekerja dua kali lipat untuk menyalurkan oksigen serta nutrisi ke janin. 

Selain itu, ibu hamil juga bisa saja kurang bertenaga karena keluhan mual muntah, sehingga asupan kalori dan nutrisi berkurang. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, terutama karbohidrat, sebagai sumber energi. 

Manggis sendiri merupakan buah dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, Bun. Karena kandungan nutrisi ini, buah manggis bisa menambah energi selama masa kehamilan, sehingga Bunda jadi tidak mudah lelah dan lebih berstamina.

3. Mencegah sembelit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manggis mengandung serat yang bagus untuk melancarkan kerja saluran cerna. Berkat nutrisi tersebut, gangguan pencernaan yang sering dialami ibu hamil, seperti sembelit, bisa dicegah dan diatasi.

Manggis juga memiliki senyawa yang bersifat prebiotik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

4. Mengontrol gula darah

Tahukah Bunda, ibu hamil berisiko terkena diabetes gestasional karena perubahan hormon dapat memengaruhi kerja insulin. Hal ini bisa menyebabkan resistensi insulin, yakni kondisi ketika tubuh sulit mengolah gula menjadi energi. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Untungnya, manggis mengandung senyawa xanthone dan karbohidrat kompleks yang mampu mengontrol kadar gula darah agar lebih seimbang. Agar kadar gula darah lebih terkontrol, Bunda juga perlu rutin olahraga dan membatasi konsumsi makanan atau minuman tinggi gula, ya.

5. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Bun, wajar banget kok mengalami kenaikan berat badan selama hamil. Ini berarti janin bertumbuh dengan baik. Namun, kenaikan berat badan juga harus terkontrol dan tidak berlebihan ya, supaya Bunda tidak mengalami peningkatan berat badan berlebihan atau obesitas.

Nah, supaya kenaikan berat berjalan sehat dan ideal selama hamil, Bunda bisa mengonsumsi buah manggis sebagai camilan. Manfaat ini didapat karena manggis rendah akan kalori sehingga aman dikonsumsi ibu hamil yang menderita obesitas atau ingin mencegah berat badan naik berlebih.

6. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia yang tidak teratasi selama hamil berisiko menyebabkan pertumbuhan janin terganggu karena suplai darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke janin tidak tercukupi.

Salah satu penyebab anemia yang paling umum terjadi pada ibu hamil adalah anemia karena kekurangan zat besi, folat, atau vitamin B12. 

Nah, untuk mencegah hal tersebut, Bunda perlu mencukupi asupan vitamin C yang bisa diperoleh dari manggis, ya. Manfaat manggis untuk ibu hamil ini sangat penting karena vitamin C mampu membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, sehingga produksi hemoglobin dan jumlah sel darah merah pun meningkat. 

Selain itu, manggis juga sangat baik untuk mencegah anemia pada ibu hamil karena kandungan folatnya yang tinggi. Folat sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting untuk menghasilkan sel darah merah, selain zat besi dan vitamin B12.

7. Mengontrol tekanan darah

Ibu hamil berisiko lebih tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi. Jika tidak terkontrol, tekanan darah yang terlalu tinggi juga bisa berujung pada preeklampsia.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, Bunda perlu mengonsumsi makanan bergizi seperti manggis. Ini karena kandungan vitamin B2, mangan, kalium, dan magnesium di dalam manggis bisa membantu mengontrol dan menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga Bunda pun bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.

8. Mencegah cacat bawaan lahir pada janin

Tak hanya baik untuk tubuh Bunda, manggis juga bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin, lho. Ini karena manggis mengandung folat. 

Folat atau asam folat sendiri merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada janin, Bun.

Tips Aman Mengonsumsi Manggis untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan manfaat manggis secara optimal, Bunda sebaiknya mengonsumsi buah manggis segar, bukan buah manggis kalengan atau olahan, ya. Ini karena buah kalengan umumnya mengandung banyak gula atau pemanis tambahan.

Tak hanya bisa dikonsumsi langsung setelah dikupas, Bunda juga bisa mengolah buah manggis menjadi jus segar. Pastikan Bunda memilih manggis matang dan segar, yang  ditandai dengan tekstur kulitnya yang halus dan berwarna ungu tua. 

Walau jarang terjadi, konsumsi manggis terkadang  bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare, apabila dikonsumsi berlebihan. Konsumsi manggis juga bisa saja menimbulkan nyeri ulu hati atau mual, khususnya akibat rasanya yang terlalu asam. 

Nah, manfaat manggis untuk ibu hamil di atas akan lebih optimal jika dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi lain. Untuk mengetahui makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan serta manfaatnya, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter melalui chat online.

Sumber:

Data Komposisi Pangan Indonesia. Manggis, segar (Mangosteen, fresh).

U.S. National Library of Medicine MedlinePlus (2024). Mangosteen.

American Pregnancy Association. How to Boost Immunity While Pregnant.

Cleveland Clinic (2022). Anemia During Pregnancy.

Johns Hopkins Medicine. Gestational Diabetes Mellitus (GDM).

Burdeos, J. Health (2024). Health Benefits of Mangosteen.

Hill, A. Healthline (2024). 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It).

Kubala, J. Healthline (2023). 14 Supplements to Take for High Blood Pressure.

MedicineNet (2022). 13 Health Benefits of Mangosteen and What It Can Treat.

Meyers, M. F. The Bump (2022). 7 Natural Pregnancy Energy Boosters.

Uscher, J. WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *