7 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Aman dan Terjangkau

Vitamin penambah nafsu makan anak dapat menambah selera makan Si Kecil agar ia bisa makan lebih lahap. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil ketika ia sedang susah makan atau sakit, lho. 

Masalah susah makan pada anak kerap menjadi  tantangan bagi orang tua. Apalagi, jika hal ini sampai membuat berat badannya turun karena kurangnya asupan nutrisi. Padahal, anak membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Nah, jika Si Kecil sedang di fase susah makan, Bunda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan anak, lho. Selain dengan memberikan suplemen vitamin tambahan, Bunda juga perlu memberikan Si Kecil makanan yang bervariasi agar ia tidak bosan.

Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Masalah nafsu makan anak sebetulnya wajar saja terjadi kalau hanya sesekali dan bersifat sementara, misalnya karena anak sedang sedang sakit, tumbuh gigi, stres, atau tidak suka dengan makanan tertentu. 

Nah, untuk membantu menambah nafsu makannya dan mencukupi asupan gizi anak, Bunda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan. Suplemen ini umumnya terdiri dari aneka vitamin dan mineral, curcuma, dan lysine. 

Lysine sendiri merupakan salah satu asam amino esensial yang bisa menambah nafsu makan. Sementara curuma adalah ekstrak temulawak atau kunyit yang memiliki sifat antioksidan dan baik untuk meningkatkan nafsu makan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi vitamin penambah nafsu makan anak yang mengandung lysine dan bisa Bunda beli di apotek: 

1. Curcuma Plus Appetite (Lysine)

Curcuma Plus Appetite merupakan vitamin penambah nafsu makan anak yang mengandung ekstrak curcuma atau temulawak. Selain temulawak, Curcuma Plus Appetite juga mengandung lysine, vitamin B kompleks, dan beta karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. 

Bunda bisa memberikan Curcuma Plus Appetite ke Si Kecil setelah ia makan sebanyak 1 sendok takar. Untuk hasil yang maksimal, berikan vitamin ini 1–2 kali sehari pada anak usia 6–12 tahun. Sementara anak yang berusia 1–6 tahun, Bunda cukup memberikan vitamin ini 1 kali sehari sebanyak 1 sendok takar saja.

2. Likurmin Sirup

Vitamin penambah nafsu makan anak yang berikutnya ialah Likurmin Sirup. Supelemen ini mengandung asam amino lysine yang mampu memelihara kesehatan serta membantu memperbaiki nafsu makan Si Kecil.

Likurmin sirup juga mengandung ekstrak curcuma, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan tersebut mampu mendukung tumbuh kembang anak dan menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Vitamin penampah nasfu makan anak ini tersedia dalam varian rasa jeruk yang dapat diberikan setelah makan. Dosisnya adalah 1–2 sendok takar per hari dan bisa diberikan kepada anak usia di atas 2 tahun.

3. Vidoran Smart Frugie

Vitamin yang bisa meningkatkan nafsu makan anak juga bisa Bunda dapatkan dari merek Vidoran Smart Frugie. Sama seperti vitamin lainnya, Vidoran Smart Frugie juga mengandung curcuma dan lysine yang berguna untuk membantu memperbaiki nafsu makan anak.

Vidoran Smart Frugie juga dilengkapi dengan ekstrak buah dan sayur yang mengandung multivitamin dan mineral. Jadi, tidak hanya meningkatkan nafsu makan, Vidoran Smart Frugie juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil dari usia 2–12 tahun. 

Nah, ketika Bunda ingin memberikan vitamin ini kepada anak, jangan lupa baca aturan pakainya dulu, ya.

4. Scott’s Emulsion 

Tahukah Bunda, Scott’s Emulsion memiliki peran penting lho dalam tumbuh kembang Si Kecil. Soalnya, Scott’s Emulsion mengandung minyak ikan kod yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menjaga sistem kekebalan tubuh anak tetap kuat.

Manfaat tersebut dapat diperoleh berkat kandungan asam lemak omega-3, vitamin A, dan vitamin D yang ada di dalam vitamin rasa jeruk ini. 

Scott’s Emulsion bisa Bunda berikan sebanyak 1 kali sehari pada anak berusia 1–6 tahun dan 2 kali sehari pada anak berusia 7–12 tahun dengan takaran 1 sendok makan. Agar tidak salah, ikuti petunjuk dan dosis pemakaian di kemasan produk ya, Bun.

5. Curvit Sirup

Curvit merupakan vitamin penambah nafsu makan anak dalam sediaan sirop rasa jeruk. Dilengkapi dengan curcuma, beta karoten, dekspantenol, vitamin B kompleks, dan kalsium, Curvit mampu membantu meningkatkan nafsu makan sekaligus memelihara kesehatan Si Kecil. 

Untuk anak usia 6 bulan sampai 1 tahun, berikan Curvit sirup sebanyak ½ sendok makan sebanyak 1 kali sehari. Sementara untuk anak berusia 6–12 tahun, Bunda bisa memberinya 2 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan.

6. Fitkom Gummy

Fitkom Gummy merupakan vitamin yang banyak disukai anak-anak karena bentuknya seperti permen jelly. Vitamin ini juga memiliki banyak rasa buah-buahan lho, seperti leci, jeruk, blackcurrant, dan stroberi. 

Selain rasanya yang beragam, Fitkom Gummy juga mengandung banyak vitamin lho, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin D, serta vitamin E. 

Berkat kandungannya, Fitkom Gummy bisa bantu meningkatkan kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. Vitamin ini bisa diberikan kepada anak berusia di atas 1 tahun sebanyak 1 kali sehari.

7. Youvit Multivitamin

Agar Si Kecil makin tertarik dan semangat minum vitamin, Bunda bisa memberi Youvit Multivitamin yang berbentuk gummy lucu. Terlebih, Youvit dibuat dari olahan buah dan sayur yang tentunya aman dikonsumsi rutin oleh Si Kecil.

Vitamin penambah nafsu makan anak ini mengandung beragam vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, iodium, hingga zinc. Kandungan zinc juga diketahui bisa memperbaiki nafsu makan lho.

Nah, 1 kemasan Youvit Multivitamin sendiri sudah berisi 30 biji gummy dengan aneka rasa, mulai dari stroberi, jeruk, hingga nanas. Cara konsumsinya juga mudah ya, Bun. Setelah Si Kecil makan, cukup berikan 1 gummy per hari saja. Praktis banget, kan?

Itulah 7 rekomendasi vitamin penambah nafsu makan anak yang bisa Bunda dapatkan di toko obat atau apotek terdekat. Perlu Bunda ingat ya bahwa vitamin berperan sebagai pelengkap nutrisi harian anak. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, pemberian vitamin juga tetap harus diimbangi dengan pemberian berbagai jenis makanan bergizi, termasuk buah dan sayur. 

Memang, nafsu makan anak-anak terkadang turun naik dan tidak bisa langsung meningkat setelah memberinya vitamin penambah nafsu makan. Namun, Bunda tetap harus sabar dan jangan terlalu memaksa anak untuk menghabiskan makanannya ya, karena khawatirnya anak jadi merasa takut makan dan stres. 

Untuk membantu mengatasi masalah anak susah makan, Bunda bisa sambil mengajaknya bermain atau memberinya makanan favorit. Bunda juga bisa memberikan reward atau hadiah ke anak lho karena ia berhasil menghabiskan makanannya.

Apabila nafsu makan anak tidak kunjung membaik meski telah diberi vitamin penambah nafsu makan anak, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat online, ya.

Sumber:

Pardamean, et al. (2024). Monitoring and evaluation of childhood stunting reduction program based on fish supplement product in North Sumatera, Indonesia. Scientific Reports. 14, 11674.

Rahmat, E., Lee, J., & Kang Y. (2021). Javanese Turmeric (Curcuma xanthorrhiza Roxb.): Ethnobotany, Phytochemistry, Biotechnology, and Pharmacological Activities. Evidence Based Complementary & Alternative Medicine. 2021:9960813.

Raziansyah, R. (2020). L Literature Review: Efektifitas Temulawak (Curcuma Xanthorriza Robx) Terhadap Peningkatan Berat Badan pada Anak. Journal of Nursing Invention, 1(2), 145-154.

Adam, H. M. American Academy of Pediatrics (2020). Loss of Appetite.

MIMS. Scott’s Emulsion Vita.

MIMS. Vidoran Plus (Curcuma & Lysine)

Mount Sinai. Beta-carotene.

Mount Sinai. Lysine.

Dix, M. Healthline (2023). Supplements, Medications, and Lifestyle Changes to Help Stimulate Appetite.

Raising Children Network Australia (2023). Vitamins and Minerals.

Coakley, H. Verywell Health (2024). 4 Health Benefits of Cod Liver Oil.

Morrow, A. Verywell Health (2023). 8 Ways to Treat a Loved One’s Loss of Appetite.

Taylor, R.B. WebMD (2023). Vitamins for Kids: Do Healthy Kids Need Supplements?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *