Kenali Tanda Pup Bayi yang Tidak Cocok Susu Formula

Pup bayi yang tidak cocok susu formula perlu Bunda kenali. Pasalnya, pup bayi bisa menandakan bahwa ia memiliki alergi atau kesulitan mencerna gula maupun protein di dalam susu tersebut. Oleh karena itu, Bunda perlu lebih jeli dalam mengamati perubahan pada warna dan tekstur pup Si Kecil. 

Pada bayi yang tidak mendapat ASI, misalnya karena ibu menderita penyakit tertentu atau ASI tidak keluar, susu formula bisa menjadi alternatif agar kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi.

Ada beragam jenis susu formula di pasaran. Kandungan dalam satu jenis susu formula bisa saja berbeda dengan jenis susu formula lainnya. Untuk memastikan jenis yang tepat, pemilihan susu formula sebaiknya dilakukan atas saran dokter. 

Meski demikian, ada kalanya Si Kecil tidak cocok dengan susu formula yang direkomendasikan. Hal ini bisa diketahui dari tanda pup bayi yang tidak cocok susu formula. Jika demikian, pemberian susu formula bisa diganti ke jenis lain, tentunya setelah berkonsultasi kembali ke dokter. 

Ciri Pup Bayi yang Tidak Cocok Susu Formula

Susu formula umumnya terbuat dari susu sapi yang diolah agar bisa dicerna oleh bayi. Susu formula mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, gula, zat besi, dan lemak. Susu formula sendiri dibuat khusus dengan tujuan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi ketika ibu tidak bisa menyusui atau memberikan ASI.

Namun, berbeda dengan ASI, susu formula tidak mengandung antibodi yang bisa memperkuat imunitas tubuh bayi. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ASI lebih unggul dan dianjurkan untuk diberikan pada bayi.

Selain itu, tidak semua bayi cocok dengan susu formula karena mungkin memiliki alergi protein di susu sapi. Lantas, bagaimana cara Bunda mengetahuinya apakah Si Kecil cocok minum susu formula atau tidak? 

Nah, ada beberapa tanda yang bisa Bunda lihat, yaitu dari pup bayi yang tidak cocok susu formula, seperti:

1. Pup berwarna hitam dan berlendir

Kotoran atau pup bayi normalnya berwarna cokelat, kuning kecokelatan, atau hijau kecokelatan setelah beberapa hari mengonsumsi susu formula. Nah, jika bayi mengeluarkan pup dengan warna tersebut serta tektstur kotorannya lembut dan padat, ini artinya ia cocok dengan susu formula yang dikonsumsi.

Sementara pada bayi yang alergi susu atau tidak cocok dengan susu formula, pupnya akan berwarna hijau gelap atau kehitaman dan sedikit berlendir. Lendir ini sendiri menandakan kalau usus mungkin mengalami peradangan. 

Meski demikian, pada bayi yang baru lahir, warna pup hitam atau hijau gelap ini normal ya, Bun. Ini tandanya ia baru mengeluarkan kotoran pertama atau mekonium.

2. Tekstur pup keras

Dibandingkan dengan bayi yang minum ASI, bayi yang diberikan susu formula biasanya akan memiliki tekstur kotoran yang lebih padat, kental, dan lengket seperti selai kacang. Hal ini normal terjadi sehingga Bunda tak perlu khawatir dan bisa meneruskan pemberian susu formula, ya.

Sebaliknya, pup bayi yang tidak cocok susu formula dan memiliki alergi biasanya cenderung encer dan berair, atau terkadang keras dan berbau. Ini karena kandungan protein atau gula laktosa di susu formula lebih sulit dicerna oleh anak yang memiliki alergi, sehingga mungkin saja menyebabkan ia sembelit.

3. Terdapat darah pada pup

Akibat tidak cocok dengan susu formula, feses bayi yang menjadi keras bisa membuatnya kesulitan buang air besar. Bahkan, bisa saja Bunda mendapati adanya darah pada pup Si Kecil.

Hal ini terjadi karena tekstur feses yang keras dapat menekan anus dan menyebabkan luka. Akibatnya, darah pun tercampur di pup bayi yang tidak cocok susu formula. 

Selain dari tekstur dan warna pupnya, Bunda juga bisa mengenali tanda bayi tidak cocok dengan susu formula dari beberapa gejala yang muncul di tubuhnya, antara lain: 

  • Diare
  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Muntah
  • Muncul ruam merah di kulit
  • Bengkak pada bibir, wajah, dan area mata
  • Hidung meler dan mata berair
  • Eksim

Apabila bayi memang memiliki alergi protein susu sapi atau intoleransi laktosa, biasanya gejala di atas akan muncul beberapa menit setelah ia minum susu formula. Ini terjadi karena tubuhnya bereaksi terhadap protein di dalam susu atau kesulitan mencerna gula di dalam susu. 

Penanganan pada Bayi yang Tidak Cocok Susu Formula

Wajar kok kalau Bunda merasa cemas apabila buah hati kesayangan tidak cocok susu formula, apalagi jika ia tidak bisa mendapatkan ASI. Namun, Bunda tidak perlu terlalu khawatir. 

Selama ia tidak menunjukkan reaksi alergi yang parah, seperti wajah dan tubuh pucat, kelelahan, sesak napas, pembengkakan di wajah atau leher, hingga gatal di sekujur tubuhnya, Bunda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

  • Mengganti jenis susu formula yang diminum Si Kecil, tetapi sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.
  • Hindari atau batasi pemberian produk susu sapi ke Si Kecil.
  • Coba ganti susu formula yang terbuat dari susu sapi ke susu formula yang terbuat dari kacang kedelai. 

Selain itu, alangkah baiknya bila Bunda segera memeriksakan Si Kecil ke dokter saat ia menunjukkan gejala yang dicurigai sebagai reaksi alergi susu sapi. Jadi, dokter bisa memastikan penyebab dan kondisi Si Kecil. 

Jika memang memiliki alergi, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengganti susu formula ke jenis yang lebih aman dan cocok untuk anak.

Nah, kini Bunda sudah tahu kan apa saja ciri-ciri pup bayi yang tidak cocok susu formula? Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan atau ingin memastikan kondisi Si Kecil, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter lewat chat online, ya.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Types of Formula.

National Health Service UK (2022). Drinks and Cups for Babies and Young Children.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mengenali Alergi Susu Sapi pada Anak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. WASPADAI ALERGI SUSU SAPI PADA BAYI.

Heger, E. Baby Center (2022). Reasons Why You Might Not Breastfeed – and Why That’s Okay.

Lake, K. Baby Center (2022). Milk Allergy and Lactose Intolerance in Babies.

Miles, K. Baby Center (2022). Baby Poop: Everything New Parents Need to Know.

Miles, K. Baby Center (2022). Formula-Fed Baby Poop: What’s Normal?

Watson, S. Baby Center (2022). Baby Poop Pictures: Which Colors and Textures Are Normal?

Crider, C. Healthline (2021). What to Do If You Suspect Formula Is Constipating Your Baby.

Kids Health, Nemours (2023). Milk Allergy in Infants.

Kids Health, Nemours (2021). Formula Feeding FAQs: Some Common Concerns.

Davies, A. The Bump (2023). Baby Poop 101: a Comprehensive Guide to Newborn and Infant Poop.

Harris, S. WebMD (2024). Infant Milk Allergy, Lactose Intolerance, or Something Else?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *