7 Penyebab Susah Hamil padahal Haid Lancar

Penyebab susah hamil padahal haid lancar bisa menghambat impian pasangan yang sedang menanti kehadiran sang buah hati. Namun, jangan sedih dulu, ya. Kehamilan bisa diusahakan dengan menjalani program hamil. Sebelum itu, yuk kenali dulu apa saja penyebab susah hamil sehingga bisa diatasi dengan tepat.

Merencanakan kehamilan terkadang bukanlah hal yang mudah dan bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah, sering kali susah hamil dikaitkan dengan beberapa hal, salah satunya adalah haid yang nggak teratur. Namun, gimana jika wanita memiliki haid teratur dan lancar tapi kehamilan masih sulit terwujud? 

Mungkin, kamu mengalami hal ini dan bertanya-tanya apa penyebab susah hamil padahal haid lancar. Jangan berkecil hati dulu, ya. Yuk, simak apa saja kemungkinan penyebabnya agar bisa dideteksi dengan cepat dan mendapat penanganan yang tepat.

Berbagai Penyebab Susah Hamil padahal Haid Lancar

Secara umum, haid yang lancar dan teratur bisa membantu wanita untuk mengetahui kapan periode ovulasi atau masa subur terjadi. Nah, jika haid memang teratur, tidak sedang memakai KB, dan sudah rutin berhubungan tanpa pengaman tapi tak juga kunjung hamil, mungkin ada kondisi lain yang bisa menjadi penyebab susah hamil padahal haid lancar, yaitu:

1. Jarang berhubungan intim saat masa subur

Peluang terjadinya kehamilan bisa lebih tinggi ketika wanita melakukan hubungan intim tanpa pengaman, baik kondom maupun metode kontrasepsi lainnya, terlebih saat masa subur atau sekitar waktu ovulasi

Akan tetapi, sebagian wanita mungkin tidak mengetahui kapan masa subur berlangsung. Masa subur wanita umumnya ditentukan berdasarkan waktu ovulasi, yaitu ketika sel telur sudah matang dan siap dibuahi sperma. Ovulasi biasanya dihitung dari 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya. 

Untuk mempermudah menghitung ovulasi dan masa subur, kamu bisa menggunakan kalender menstruasi atau aplikasi pelacak haid, ya. Cara ini bisa membantu kamu dan pasangan merencanakan waktu yang ideal untuk berhubungan intim di masa subur agar peluang hamil makin tinggi. 

2. Faktor usia

Merencanakan kehamilan saat usia sudah lebih dari 30 tahun bisa jadi salah satu penyebab susah hamil padahal haid lancar. Alasannya, tingkat kesuburan wanita dan pasokan sel telur akan perlahan menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kehamilan di usia yang tak lagi muda juga cenderung lebih berisiko. Memang, peluang untuk hamil masih ada, tapi wanita yang merencanakan kehamilan di usia lebih tua perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kehamilan. 

Akan tetapi, kehamilan yang sehat bisa kok terwujud dengan persiapan, pengawasan, dan perawatan kehamilan yang tepat.

3. Stres berlebihan

Apakah akhir-akhir ini kamu lagi overthinking atau stres? Ini mungkin bisa menjadi salah satu penyebab susah hamil, nih. 

Stres berat dan berkepanjangan bisa berdampak pada perubahan hormon di dalam tubuh sehingga mengganggu kesuburan. Terlebih lagi, stres juga bisa membuat kamu dan pasangan jadi enggan berhubungan intim. Oleh karena itu, stres perlu dikelola dengan baik, ya.

4. Gaya hidup tidak sehat

Saat sedang promil, kamu dan pasangan sebaiknya mulai menjauhi kebiasaan yang tidak sehat ya, seperti merokok atau sering minum alkohol. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa menurunkan kualitas sel sperma dan sel telur serta mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, penyebab susah hamil tapi haid lancar ini harus dihindari supaya tidak memengaruhi tingkat kesuburan. Sebagai gantinya, yuk mulai rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

5. Menurunnya kualitas sperma

Ada beberapa hal yang bisa membuat kehamilan cukup sulit terjadi, salah satunya kualitas sperma yang menurun. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh usia pasangan yang sudah lanjut, gaya hidup yang tidak sehat, stres berlebihan, atau kondisi medis tertentu.

Selain itu, kualitas sperma juga bisa menurun lho jika pria sering bergadang dan tidak memperoleh tidur yang cukup. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyatakan kalau pria yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 9 jam setiap malam memiliki kualitas sperma yang kurang bagus jika dibandingkan pria yang tidur 7–8 jam.

6. Obesitas

Tahukah kamu, berat badan berlebih atau obesitas juga bisa memengaruhi kesuburan, lho. Ini karena obesitas dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam kesuburan. 

Obesitas juga bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Nah, apabila kamu mengalami kondisi ini, upayakan untuk menurunkan berat badan dengan cara menjalani diet sehat dan rutin berolahraga.

Dengan memiliki berat badan ideal, kehamilan bisa lebih mudah terwujud. Poin plusnya, kamu juga bisa jadi lebih sehat lho!

7. Saluran tuba falopi tersumbat

Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Di saluran ini, sel telur akan bertemu sperma dan pembuahan pun terjadi. Tak mengherankan jika tuba falopi berperan penting dalam proses terjadinya kehamilan. 

Namun, tuba falopi bisa tersumbat jika wanita menderita gangguan tertentu, seperti endometriosis atau penyakit radang panggul. Jika saluran tuba ini tersumbat, proses pembuahan pun akan sulit terjadi. 

Makanya, penting banget nih bagi pasangan yang ingin merencanakan kehamilan untuk rutin memeriksa kesehatan organ reproduksinya agar gangguan kesuburan bisa segera diatasi.

Nah, itulah beberapa penyebab susah hamil padahal haid lancar yang perlu kamu dan pasangan ketahui. Saat ingin merencanakan kehamilan, langkah yang bisa dilakukan terlebih dulu adalah memeriksa kondisi kesehatanmu dan pasangan dengan berkonsultasi ke dokter

Tetap bersabar dan jangan putus asa, ya. Dengan mengetahui penyebab susah hamil padahal haid lancar, melakukan promil, dan mengikuti tips-tips meningkatkan peluang kehamilan, semoga kamu dan pasangan bisa segera dikaruniai momongan secepatnya!

Sumber:

World Health Organization (2024). Infertility.

Cleveland Clinic (2022). Conception.

Cleveland Clinic (2022). Does Having Excess Weight Affect Your Chances of Getting Pregnant?

Johns Hopkins Medicine. Why Can’t I Get Pregnant?

American Pregnancy Association. What You Need to Know About Infertility.

Miles, K. Baby Center (2023). Can Stress Delay Ovulation or Cause Infertility?

Longman, H. Baby Center (2022). Getting Pregnant in Your 30s.

Soules, M. Baby Center. What Medications Affect Fertility?

Kids Health, Nemours (2020). Can I Get Pregnant if My Periods Are Irregular?

Meyers, M. F. Parents (2024). Why Am I Not Getting Pregnant? 9 Possible Reasons.

Perry, C. Parents (2024). How Your Period Affects Your Chances of Getting Pregnant.

Geddes, J. K. Parents (2023). How Medications Can Affect Female Fertility.

Mayer, B. A. Parents (2023). What You Need to Know About Blocked Fallopian Tubes.

Cahn, M. The Bump (2023). 10 Things to Avoid When Trying to Get Pregnant.

Levine, H. WebMD (2020). How Stress Can Hurt Your Chances of Having a Baby.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *