Haid 2 Kali dalam Sebulan Apakah Tanda Kehamilan?

haid 2 kali dalam sebulan apakah tanda kehamilan, diary bunda

Haid 2 kali dalam sebulan apakah tanda kehamilan? Pertanyaan ini sering muncul karena ada perdarahan pada vagina yang bisa saja bukan merupakan menstruasi, melainkan tanda kehamilan. Nah, dalam artikel ini, pertanyaan tersebut akan dijawab dengan lengkap, nih. Mari kita simak, yuk!

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, tapi umumnya berkisar antara 21–35 hari. Nah, dalam satu siklus ini, wanita bisa mengalami haid atau menstruasi yang berlangsung selama sekitar 3–7 hari.

Meski begitu, wanita juga bisa memiliki siklus menstruasi yang tidak normal, lho. Ada yang bisa tidak menstruasi dalam sebulan, ada juga yang malah bisa 2 kali haid dalam sebulan. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, baik karena perubahan dalam tubuh atau gangguan kesehatan tertentu.

Apakah Haid 2 Kali dalam Sebulan Tanda Kehamilan?

Jawabannya, bisa iya, bisa juga tidak. Perdarahan vagina yang mirip dengan darah menstruasi bisa saja merupakan tanda kehamilan. Perdarahan vagina karena tanda kehamilan ini disebut perdarahan implantasi

Perdarahan implantasi adalah bercak darah yang keluar ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke dinding. Biasanya, perdarahan ini muncul dalam waktu 10–14 hari setelah berhubungan seksual. Ini merupakan proses alami terjadinya kehamilan. Makanya, perdarahan implantasi termasuk salah satu tanda awal kehamilan

Meski mirip, darah menstruasi dan darah implantasi bisa dibedakan, kok. Warna awal darah implantasi umumnya merah terang, lalu berubah menjadi kecokelatan. Sementara itu, darah menstruasi berwarna merah atau merah tua. 

Banyaknya darah yang keluar juga berbeda, darah implantasi keluar seperti bercak atau flek, sedangkan darah menstruasi bisa keluar lebih deras. Perdarahan implantasi juga umumnya berlangsung singkat, yakni hanya beberapa jam atau sekitar 1–3 hari, sedangkan haid bisa berlangsung lebih lama.

Nah, untuk memastikan apakah perdarahan yang serupa dengan menstruasi adalah tanda kehamilan, kamu perlu melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack. Pemeriksaan kehamilan ini bisa dilakukan 3–6 hari setelah perdarahan implantasi berhenti.

Penyebab Haid 2 Kali dalam Sebulan

Selain karena kehamilan, haid 2 kali dalam sebulan juga bisa terjadi karena berbagai hal. Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab haid 2 kali dalam sebulan:

1. Stres

Stres berlebihan bisa membuat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Ketika jumlah hormon ini meningkat karena stres, tubuh wanita bisa mengalami perubahan siklus menstruasi, sehingga membuat  menstruasi atau haid bisa terjadi 2 kali dalam sebulan. 

Selain itu, stres berlebihan yang tidak terkontrol juga lama kelamaan bisa berisiko menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur

2. Berat badan bertambah secara drastis

Berat badan bertambah secara drastis juga bisa menyebabkan haid 2 kali dalam sebulan. Soalnya, pertambahan berat badan bisa membuat tubuh menghasilkan hormon estrogen terlalu banyak. Kadar estrogen berlebih ini membuat siklus haid tidak teratur, sehingga haid bisa terjadi lebih dari 1 kali dalam sebulan atau bahkan tidak haid sama sekali.

3. Efek samping pil KB

Penggunaan pil KB umumnya digunakan untuk mencegah kehamilan dengan cara menghambat proses pembuahan dalam rahim. Namun, ketika penggunaannya terhenti atau terlewat, pil KB bisa menimbulkan efek samping, yang salah satunya adalah siklus haid tidak teratur. Inilah yang bisa menyebabkan haid datang 2 kali dalam sebulan.

4. Perimenopause

Perimenopause adalah masa transisi saat seorang wanita mulai memasuki masa menopause. Masa ini bisa berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang mulai mengalaminya di usia akhir 30-an, tapi ada juga yang baru mengalaminya setelah mencapai usia 40-an.

Nah, saat mengalami perimenopause, kadar hormon dalam tubuh wanita bisa menurun, sehingga siklus haid menjadi tidak teratur dan hal ini bisa saja menyebabkan haid 2 kali dalam sebulan.

5. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid, baik kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme) atau kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) bisa menyebabkan siklus haid wanita tidak teratur, lho. Ini karena hormon tiroid memperpendek masa setelah menstruasi sehingga haid 2 kali dalam sebulan bisa terjadi.

6. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan infeksi yang menyebar dari vagina ke organ reproduksi lain, seperti leher rahim (serviks), rahim, dan ovarium. Nah, penyakit ini dapat memicu siklus haid yang tidak teratur, sehingga bisa saja haid 2 kali dalam sebulan terjadi. 

Selain itu, terkadang penyakit ini juga bisa menyebabkan keluhan berupa keluarnya darah dari vagina, sehingga kerap dianggap mirip dengan darah menstruasi.

7. Endometriosis

Haid 2 kali dalam sebulan juga bisa terjadi karena endometriosis, yaitu kondisi ketika jaringan yang melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Selain menyebabkan haid 2 kali dalam sebulan, endometriosis juga bisa menyebabkan nyeri haid dan perdarahan berlebih pada vagina.

Itulah jawaban dari pertanyaan haid 2 kali dalam sebulan apakah tanda kehamilan, serta penjelasan mengenai penyebab lainnya. Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, haid 2 kali dalam sebulan juga bisa terjadi karena pubertas atau penyakit tertentu, seperti miom dan kanker rahim.

Karena penyebabnya bisa bermacam-macam, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami haid 2 kali, ya. Terlebih jika haid 2 kali disertai dengan gejala lainnya, seperti kram perut yang tidak tertahankan dan perdarahan berat pada vagina. 

Dengan pemeriksaan dokter, penyebab haid 2 kali dalam sebulan bisa dipastikan, sehingga penanganan pun juga dapat segera dilakukan.

Sumber:

Cleveland Clinic (2023). Diseases & Conditions. Irregular Periods.

Cleveland Clinic (2022). Articles. Menstrual Cycle.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Is Implantation Bleeding Common in Early Pregnancy?

Watson, S. Baby Center (2022). Irregular Periods: What Causes Them, and How to Get Yours Back on Track.

Migala, J. Health (2023). Two Periods in One Month: What Does It Mean?

Kristeen, C. Healthline (2023). Can You Get Your Period and Still Be Pregnant?

Lewis, R. Healthline (2023). How to Tell the Difference Between Implantation and Period Bleeding.

Purdie, J. Healthline (2023). What Causes Two Periods in One Month?

MedicineNet (2023). How Can You Tell if You’re Pregnant if You Have Irregular Periods?

Witmer, D. Verywell Health (2023). What Causes a Woman to Menstruate Twice in One Month?

Fields, L. WebMD (2023). Implantation Bleeding.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *