Hamil 1 Bulan Apa yang Dirasakan oleh Bunda, Ya?

hamil 1 bulan apa yang dirasakan, diary bunda

Saat hamil 1 bulan, ibu hamil sudah mulai bisa merasakan berbagai keluhan. Hal ini karena tubuh ibu hamil sedang menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi saat mengandung, seperti peningkatan hormon. Nah, keluhan hamil 1 bulan apa yang dirasakan oleh Bunda? Yuk, ketahui dalam artikel ini.

Usia kehamilan umumnya dihitung menggunakan perhitungan hari pertama haid terakhir (HPHT), Bun. Perhitungan ini dianggap lebih akurat karena menggunakan hitungan minggu. Ini juga bisa memudahkan dokter untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin yang setiap minggunya mengalami perubahan.

Nah, hamil 1 bulan sendiri dihitung dari minggu ke-3 sampai minggu ke-7, Bun. Ini karena pada 2 minggu pertama, ibu masih dalam fase ovulasi, sehingga kehamilan sebenarnya belum terjadi.

Hamil 1 Bulan Apa yang Dirasakan, Ya?

Saat hamil 1 bulan, kebanyakan ibu memang belum menyadari bahwa dirinya hamil. Ini terjadi karena sebagian ibu hamil mungkin belum mengalami telat haid atau belum melakukan tes kehamilan. 

Meski begitu, ada berbagai keluhan yang sudah bisa ibu hamil rasakan saat hamil 1 bulan, yaitu:

1. Perdarahan implantasi

Apabila Bunda melihat bercak darah keluar saat hamil 1 bulan, sebaiknya jangan panik dulu, ya. Soalnya, bercak darah tersebut bisa saja merupakan perdarahan implantasi, yaitu darah yang keluar dari vagina saat sel telur mulai menempel di dinding rahim. 

Umumnya, perdarahan implantasi muncul di dekat tanggal yang seharusnya menjadi masa menstruasi, Bun. Makanya, perdarahan yang muncul saat hamil 1 bulan ini sering dianggap sebagai darah menstruasi. 

Perdarahan implantasi ini normal terjadi sebagai bagian dari proses pembuahan janin. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu cemas berlebihan ketika mengalaminya, ya.

2. Payudara bengkak dan nyeri

Pada bulan pertama kehamilan, ibu hamil biasanya akan merasakan pembengkakan dan rasa nyeri di payudara. Pembengkakan dan rasa nyeri ini hampir sama seperti saat premenstrual syndrome (PMS). Namun, bisa juga terasa lebih berat.

Payudara bengkak dan nyeri umumnya disebabkan oleh peningkatan hormon saat hamil, Bun. Oleh karena itu, ketika tubuh sudah mulai bisa menyesuaikan dengan perubahan tersebut, bengkak dan rasa nyeri pada payudara akan mereda. 

3. Mual dan muntah

Sebenarnya, mual dan muntah umumnya baru muncul saat kehamilan berusia 2–3 bulan. Namun, tidak jarang juga kondisi ini sudah muncul dari 1 bulan kehamilan. Ini merupakan salah satu keluhan yang paling umum dirasakan ibu hamil muda. 

Penyebabnya sendiri adalah karena perubahan hormon yang membuat indra penciuman menjadi lebih sensitif sehingga ibu hamil muda mudah merasa mual.

4. Mudah lelah

Salah satu hal yang dirasakan saat hamil 1 bulan adalah mudah lelah. Ini bisa terjadi karena peningkatan hormon yang membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyesuaikannya. Selain itu, mudah lelah juga bisa terjadi karena ibu hamil biasanya sering muntah dan tidak nafsu makan pada awal kehamilan.

5. Perut kembung

Perut kembung juga termasuk dalam perubahan tubuh yang bisa dirasakan Bunda saat hamil 1 bulan, nih. Kondisi ini membuat ibu hamil merasa tidak nyaman di perut dan menjadi sering kentut. 

Meski begitu, perut kembung umumnya normal terjadi kok, Bun. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat gerakan usus melambat, sehingga ada lebih banyak udara yang tertahan di dalam usus.

6. Sembelit

Sembelit hampir sama dengan perut kembung, Bun. Kondisi ini juga umumnya terjadi karena melonjaknya kadar hormon dalam tubuh. Bedanya, sembelit bisa membuat ibu hamil susah untuk buang air besar (BAB) sebab usus bekerja lebih lambat. 

Keluhan ini juga bisa diperparah oleh pola makan yang terganggu oleh mual muntah, sehingga membuat ibu hamil jadi kekurangan asupan serat. Hal ini bisa membuat tubuh jadi lebih rentan sembelit. 

7. Sering buang air kecil

Selama masa kehamilan, tubuh akan memproduksi darah lebih banyak untuk memasok oksigen dan nutrisi ke janin, Bun. Bertambahnya jumlah darah ini akan membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga akan menghasilkan urine lebih banyak. 

Makanya, ibu hamil bisa menjadi lebih sering buang air kecil (BAK), termasuk saat hamil 1 bulan. Bunda tidak perlu khawatir ya sebab kondisi ini memang normal terjadi, kok. 

8. Perubahan suasana hati

Bunda pernah merasa mudah marah, sedih, atau marah saat hamil 1 bulan? Ini adalah kondisi yang memang normal terjadi, kok, Bun. 

Karena peningkatan hormon dalam tubuh, ibu hamil bisa menjadi lebih sensitif, sehingga mudah mengalami perubahan suasana hati. Selain karena peningkatan hormon, kondisi ini juga bisa muncul akibat stres atau kelelahan pada masa awal kehamilan.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil 1 Bulan

Perlu diketahui, kehamilan pada trimester pertama, termasuk saat hamil 1 bulan, masih sangat rentan mengalami keguguran, Bun. Jadi, Bunda perlu menjaga kesehatan lebih ekstra agar janin dan kandungan juga tetap sehat. 

Adapun beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil 1 bulan adalah:

  • Tidur dan istirahat yang cukup, setidaknya 7–9 jam setiap harinya.
  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Jangan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai atau renang, secara rutin.
  • Batasi konsumsi kafein, yaitu tidak lebih dari 200 mg atau setara 2 cangkir kopi per hari.
  • Hindari mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang.
  • Coba senam Kegel untuk mengencangkan otot-otot panggul.

Nah, itulah berbagai hal yang bisa Bunda rasakan saat hamil 1 bulan. Meski umumnya normal, keluhan yang terjadi saat hamil 1 bulan juga tetap perlu diwaspadai ya, Bun. 

Soalnya, ada juga yang muncul sebagai tanda bahwa terdapat gangguan pada janin dan kandungan. Tanda-tanda tersebut misalnya perdarahan berat, sakit perut yang berlebihan, lemas, atau demam. 

Jadi apabila tanda-tanda tersebut muncul, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter melalui chat online agar kondisi Bunda bisa dipastikan. 

Sumber:

World Health Organization (2023). All Interventions. Restricting Caffeine Intake During Pregnancy.

Victoria State Government Australia  (2022). Better Health Channel Australia. Pregnancy – Signs and Symptoms.

National Health Services U.K. (2024). Pregnancy. Week 4.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). First Trimester.

Cleveland Clinic (2022). Health Library. First Trimester.

Mayo Clinic (2024). Pregnancy Week by Week. 1st Trimester Pregnancy: What to Expect.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Pregnancy Gas.

American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. What is Implantation Bleeding?

Miles, K. Baby Center (2023). Pregnancy symptoms: 10 early signs of pregnancy.

Miles, K. Baby Center (2021). Frequent Urination During Pregnancy.

Hollowood, K. Flo Health (2023). 4 weeks pregnant: Your guide to this week of your first trimester.

Bradley, S. Healthline (2021). What to Expect at 1 Month Pregnant.

Watson, S. WebMD (2023). First Trimester of Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *