5 Merek Mie Instan yang Aman untuk Ibu Hamil

merek mie instan yang aman untuk ibu hamil, diary bunda

Merek mie instan yang aman untuk ibu hamil sering kali dicari, nih. Soalnya, tidak jarang ibu hamil ngidam makan mie instan, tetapi ingin tetap aman bagi kesehatan janin dan kandungan. Oleh karena itu, yuk ketahui merek mie instan apa saja yang bisa Bunda konsumsi.

Keamanan mengonsumsi mie instan memang masih banyak dipertanyakan oleh ibu hamil. Soalnya, meski sudah diperkaya dengan tambahan nutrisi, seperti zat besi, vitamin B, dan asam folat, mie instan umumnya tidak mengandung gizi yang lengkap dan memadai. Jadi, sebenarnya mengonsumsi mie instan tidak begitu baik bagi kesehatan.

Terlebih lagi, mie instan merupakan makanan cepat saji berbahan dasar tepung yang dilengkapi bumbu tambahan sebagai penguat rasa. Inilah yang membuat mie instan justru tinggi akan kalori, garam, dan lemak jenuh. Bila dikonsumsi berlebihan, mie instan bisa berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti hipertensi dan obesitas.

Meski begitu, ada berbagai merek mie instan yang dibuat khusus tanpa menggunakan bahan-bahan yang bisa berbahaya bagi tubuh, seperti pengawet, pewarna, dan penguat rasa, sehingga dianggap sebagai merek mie instan yang aman untuk ibu hamil. Nah, mie instan inilah yang sering kali dicari ibu hamil sebagai alternatif pilihan ketika ngidam makan mie instan.

Pilihan Merek Mie Instan yang Aman untuk Ibu Hamil

Merek mie instan yang aman untuk ibu hamil biasanya menawarkan jenis mie yang terbuat dari bahan alami, misalnya dari saripati sayuran. Selain itu, mie instan ini juga umumnya sudah dibuat tanpa pengawet, pewarna, dan penguat rasa atau monosodium glutamate (MSG), sehingga lebih aman dan baik bagi kesehatan.

Meski tanpa pengawet dan penguat rasa, merek mie instan yang aman untuk ibu hamil juga tetap memiliki rasa yang enak, sama seperti rasa mie instan pada umumnya. Soalnya, bumbu mie yang dibuat sebagai penambah rasa, berasal dari rempah-rempah alami Indonesia yang kaya rasa.

Nah, daripada penasaran, yuk ketahui merek mie instan yang aman untuk ibu hamil di bawah ini, Bun:

1. Lemonilo

Bunda pernah dengar merek mie instan Lemonilo? Merek ini bisa menjadi pilihan merek mie instan yang aman untuk ibu hamil, lho. Soalnya, mie instan berwarna hijau ini dibuat tanpa pengawet, penguat rasa, serta pewarna yang bisa berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, Lemonilo juga dibuat tanpa melalui proses penggorengan, lho. Jadi, Bunda akan lihat air rebusan bekas mie instan ini pun lebih jernih. Bunda juga bisa memilih rasa mie instan sesuai selera Bunda, baik itu mie goreng, mie kuah ayam bawang, maupun mie goreng pedas korea.

2. Supermi Nutrimi

Supermi Nutrimi merupakan mie instan yang dibuat tanpa pengawet dan penguat rasa. Inilah yang membuat Supermi Nutrimi bisa menjadi merek mie instan yang aman untuk ibu hamil. 

Selain dibuat tanpa pengawet dan penguat rasa, Supermi Nutrimi dibuat tanpa proses penggorengan, sehingga airnya lebih jernih ketika direbus. Warna mie instan ini juga menjadi kehijauan karena terbuat dari campuran brokoli. Supermi Nutrimi Rasa Mi Goreng juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B6, B12, asam folat, dan zat besi. 

Ada dua jenis Supermi Nutrimi yang bisa Bunda pilih, yaitu varian mie goreng dan steak ayam. Jadi, Bunda bisa memilihnya sesuai dengan selera Bunda, ya.

3. Fitmee Shirataki

Fitmee Shirataki bisa juga menjadi pilihan merek mie instan yang aman untuk ibu hamil. Mie instan ini memiliki tekstur yang berbeda dengan mie lainnya nih, Bun. Soalnya, Fitmee Shirataki menggunakan mie shirataki, yaitu mie yang terbuat dari umbi-umbian. 

Karena terbuat dari bahan alami, mie shirataki ini menjadi rendah kalori, Bun. Fitmee Mie Instan juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan yang sering sembelit atau kembung saat hamil. 

4. Ayumie

Apabila Bunda sedang ngidam atau ingin makan untuk mengganjal perut, Ayumie bisa menjadi pilihan merek mie instan yang aman untuk ibu hamil. Ini karena proses pembuatan Ayumie tidak digoreng, tetapi dipanggang. Oleh karena itu, merek mie instan yang aman untuk ibu hamil ini rendah kalori dan lemak dan tinggi protein.

Bunda bisa memilih Ayumie varian korea spicy apabila suka makanan pedas. Namun, apabila tidak suka pedas, Bunda bisa memilih Ayumie varian mie goreng. Yang pasti, sesuaikan dengan selera dan tidak boleh berlebihan ya, Bun.

5. Veggie Noodle Ladang Lima

 

Veggie Noodle Ladang Lima merupakan mie instan yang bebas gluten, Bun. Mie instan ini juga berbahan dasar sayur segar bebas pestisida dan tepung singkong (mocaf) yang mengandung banyak nutrisi dan mineral. Dengan bahan dasar alaminya, Veggie Noodle Ladang Lima bisa menjadi pilihan merek mie instan yang aman untuk ibu hamil.

Selain terbuat dari bahan-bahan alami, Veggie Noodle Ladang Lima juga tidak mengandung pengawet, penguat rasa, serta pewarna, Bun. Bahkan, merek mie instan yang aman untuk ibu hamil ini mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi.

Nah, itulah berbagai merek mie instan yang aman untuk ibu hamil, Bun. Meski boleh saja makan mie instan saat hamil, Bunda tidak dianjurkan untuk makan mie instan terlalu banyak, ya. Batasi konsumsinya hanya 1 kali dalam sebulan. Ini karena mie instan sebenarnya tidak banyak bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi kehamilan. 

Selain itu, mie instan juga biasanya mengandung kadar garam yang tinggi, Bun. Jika dikonsumsi lebih dari batas asupan garam per hari, berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi, misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil serta kelebihan berat badan.

Apabila Bunda ingin sekali makan mie instan, sebaiknya racik bumbu sendiri, ya. Bunda bisa menggunakan bahan atau rempah alami, seperti bawang merah, bawang putih, atau cabai, untuk menambah rasa. Namun, kalau dirasa tidak cukup menggugah selera, Bunda bisa menggunakan bumbu mie instan, tetapi sebaiknya hanya setengah atau sepertiganya saja, ya.

Selain itu, Bunda juga bisa menambahkan sayur-sayuran atau protein, seperti telur atau ayam, yang telah matang sebagai pelengkap mie instan. Dengan begitu, Bunda masih bisa mendapatkan asupan nutrisi dari bahan pelengkap tersebut.

Apabila Bunda masih ragu soal keamanan makan mie instan atau bingung memilih merek mie instan yang aman untuk ibu hamil, jangan sungkan untuk chat secara online bersama dokter ya, Bun. 

Sumber:

Bellani, P. Baby Center (2021). Is It Safe to Eat Instant Noodles During Pregnancy?

Levine, H. Baby Center (2021). Is It Safe to Eat Foods with MSG while Pregnant?

Ajmera, R. Healthline (2023). Are Instant Noodles Bad for You?

Spritzler, F. Healthline (2023). Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles.

Lehman, S. Verywell Fit (2021). Ramen Noodle Nutrition Facts.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *