Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil 9 Bulan agar Cepat Melahirkan

Posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan seperti apa saja, ya? Nah, beberapa posisi tidur memang bisa membantu Bunda tidur lebih nyaman dan juga mempercepat kelahiran Si Kecil. Agar lebih jelas, langsung simak infonya yuk, Bun!

Selamat ya, Bun, usia kandungan sudah memasuki bulan ke-9. Di usia kehamilan ini, Bunda mungkin akan merasa mudah lelah dan mengantuk sehingga harus banyak istirahat. Di sisi lain, perut yang makin besar dan berat juga bisa membuat Bunda kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman.

Nah, karena kondisi tersebut, wajar banget kok jika Bunda jadi makin tidak sabar dengan kelahiran Si Kecil. Sembari menunggu, Bunda bisa lho mencoba beberapa posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan. Posisi tidur ini juga bisa membuat tidur Bunda lebih nyaman.

Berbagai Posisi Tidur Ibu Hamil 9 Bulan agar Cepat Melahirkan

Tahukah Bunda, posisi tidur saat hamil bisa mengatasi masalah sulit tidur hingga mempercepat bayi untuk bergerak ke jalan lahir saat usia kehamilan sudah 9 bulan, lho. 

Nah, kalau biasanya Bunda kebiasaan tidur dengan posisi telentang, sebaiknya hindari dulu, ya. Selain membuat Bunda tidak nyaman, tidur telentang juga bisa menyebabkan suplai darah ke rahim berkurang. Berbaring telentang juga diketahui bisa membuat persalinan lebih lama, lho.

Sebagai gantinya, Bunda bisa menerapkan beberapa posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan seperti berikut:

1. Miring ke kiri

Tidur miring ke kiri merupakan posisi yang paling disarankan untuk ibu hamil. Tidak hanya membuat tidur Bunda jadi lebih nyenyak dan nyaman, tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk di depan dada juga bisa membuat aliran darah ke rahim lebih optimal dan membuat panggul terbuka lebar. 

Dengan begitu, tidur miring ke kiri menjadi posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan yang bisa Bunda terapkan. Supaya lebih nyaman, Bunda bisa menyangga pinggang dan perut menggunakan bantal hamil, ya.

2. Miring ke kanan

Selain tidur miring ke kiri, Bunda juga boleh kok berpindah posisi dan tidur menyamping ke kanan. Pasalnya, tidur miring ke kanan masih aman dilakukan pada usia kehamilan 9 bulan. 

Selain itu, manfaat tidur miring ke kanan juga sama dengan tidur ke kiri, sehingga bisa menjadi posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan. Hanya saja, sebisa mungkin Bunda tidak terlalu lama tidur dengan posisi ini ya.

3. Tidur dengan posisi duduk

Tahukah Bunda, posisi tidur sembari duduk bersandar juga bisa merangsang pembukaan panggul yang lebih lebar, lho. Tidur dengan posisi duduk akan mendorong bayi untuk bergerak ke bawah dan memasuki jalan lahir sehingga memancing kontraksi yang lebih kuat

Meski mungkin saja Bunda tidak biasa tidur dengan posisi ini, tidak ada salahnya untuk dicoba, ya. Terlebih, tidur dalam posisi duduk bisa mengurangi sesak, nyeri punggung, dan mencegah naiknya asam lambung saat hamil 9 bulan. 

Bunda hanya perlu menyangga tubuh bagian atas dengan bantal, lalu bersandar pada dinding atau sandaran di kasur. Pastikan juga Bunda melebarkan kedua kaki dan menekuk lutut, ya.

4. Lakukan posisi sujud atau menungging 

Mungkin terdengar lucu ya, Bun? Namun, posisi sujud atau mencondongkan bagian tubuh atas ke depan bisa memberi dorongan pada bayi untuk bergerak ke panggul.

Jika Bunda tidak nyaman tidur dengan posisi sujud atau menungging, Bunda bisa coba lakukan cara ini beberapa menit sebelum tidur, ya. Agar posisi ini lebih nyaman dan mudah dilakukan, Bunda bisa meletakkan bantal di antara lutut untuk menyangga pinggul dan punggung bawah.

Nah, itulah beberapa posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan sekaligus bisa membuat tidur Bunda lebih nyaman. Sebenarnya, untuk mempercepat persalinan perlu dilihat dulu nih berapa usia kandungan Bunda. 

Apabila usia kehamilan belum cukup bulan, Bunda bisa menunggu beberapa minggu lagi hingga kontraksi asli terjadi. Umumnya, kontraksi akan terasa di minggu ke-39. 

Ketika mengalami kontraksi, biasanya ini menandakan kehamilan sudah dekat dan akan makin intens ketika sudah mendekati kelahiran Si Kecil. 

Namun, jika kontraksi atau tanda persalinan lainnya masih belum terjadi padahal sudah beberapa hari lagi mendekati hari perkiraan lahir (HPL), Bunda bisa juga melakukan beberapa tips lain untuk memancing kontraksi supaya cepat melahirkan, seperti perbanyak berjalan kaki, melakukan yoga dan senam hamil, dan berhubungan seks. 

Jika Bunda memiliki pertanyaan lain tentang posisi tidur ibu hamil 9 bulan agar cepat melahirkan, langsung saja konsultasikan dengan dokter lewat chat online, ya.

Sumber:

American Pregnancy. Best Sleeping Positions While Pregnant.

HSE Ireland (2023). Staying Active and Upright Positions During Labour.

National Health and Services UK (2024). Tiredness and Sleep Problems in Pregnancy.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Positions for Labour and Birth.

Cleveland Clinic (2024). Is There Any Guaranteed Way To Induce Labor?

Marcin, A. & Robinson, D. Healthline (2023). What Are the Best Sleeping Positions When You’re Pregnant?

Milbrand, L. Parents (2023). When Do Contractions Start in the Third Trimester?

Valeii, K. Parents (2023). Is It Safe to Sleep on Your Right Side During Pregnancy?

Pacheco, D. Sleep Foundation (2024). Sleeping While Pregnant: Third Trimester.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *