Kontraksi 5 Menit Sekali Pembukaan Berapa? Ini Jawabannya

Kontraksi 5 menit sekali pembukaan berapa, sih? Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan, terutama pada ibu hamil yang sebentar lagi menyambut kelahiran Si Kecil. Nah, agar Bunda nggak bingung dan lebih siap dalam menjalani persalinan, disimak infonya yuk!

Saat kelahiran sang buah hati makin dekat, ibu hamil akan mengalami beberapa tahap persalinan, salah satunya pembukaan. Nah, pembukaan sendiri terjadi ketika leher rahim (serviks) mulai melebar dan menipis supaya bayi dapat bergerak ke jalur lahir dengan mudah. 

Biasanya, pembukaan ditandai dengan kontraksi asli yang terjadi di akhir kehamilan. Nah, kira-kira, kalau kontraksi dirasakan 5 menit sekali pembukaan berapa dan apa yang harus disiapkan ya, Bun?

Kontraksi 5 Menit Sekali Pembukaan Berapa?

Menjelang persalinan, ibu hamil akan mengalami kontraksi asli yang biasanya terjadi secara bertahap, hingga nantinya serviks perlu terbuka 10 cm untuk siap melahirkan normal. Lantas, kontraksi 5 menit sekali pembukaan berapa, sih? Apakah bukaan serviks sudah lebar? 

Nah, Bunda sebelumnya harus tahu dulu nih bahwa ada 3 tahap persalinan yang biasanya berlangsung sekitar 10–12 jam. Pada tahap pertama, ibu hamil akan mengalami kontraksi asli yang dibagi ke dalam 3 fase, yaitu:

Fase awal atau laten

Pada fase ini, serviks akan terbuka dan melebar hingga sekitar 3–4 cm. Kontraksi yang dialami ibu hamil pun belum kuat dan intens, bahkan mungkin hanya terjadi sebentar saja. 

Nah, karena pembukaan masih sangat awal dan ringan, mungkin saja kontraksi hanya berlangsung 30–45 detik dan terjadi setiap 5–30 menit. 

Tahap ini mungkin bisa berlangsung lebih lama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Tak jarang, ibu hamil membutuhkan waktu 6–10 jam atau bahkan lebih untuk menunggu kontraksi dan bukaan berikutnya bertambah. 

Jika kontraksi masih ringan, ibu mungkin boleh saja memilih untuk menunggu di rumah sakit atau di rumah sendiri. Sembari menunggu, Bunda bisa memperbanyak jalan kaki, minum air putih, latihan pernapasan, peregangan, beristirahat, dan mengemas barang-barang untuk persiapan kelahiran Si Kecil.

Fase aktif 

Memasuki fase aktif ini biasanya kontraksi akan meningkat, lho. Tak jarang, kontraksi terjadi setiap 3–5 menit dan durasinya lebih lama dari sebelumnya.

Selain itu, ibu hamil akan merasakan nyeri yang lebih kuat karena kontraksi yang makin intens. Rasa nyeri tersebut menjalar dari perut ke pinggang, punggung, dan paha. 

Hal ini terjadi karena pembukaan serviks mencapai 4–8 cm, lho. Maka dari itu, ibu hamil sudah harus bersiap ke dokter kandungan atau bidan untuk persiapan persalinan. 

Dengan demikian, pertanyaan tentang kontraksi 5 menit sekali pembukaan berapa sudah terjawab ya, Bun, yaitu saat bukaan serviks yang sudah mencapai 4–6 atau hingga 8 cm.

Fase transisi

Saat ibu hamil sudah memasuki fase transisi, serviks umumnya sudah terbuka sepenuhnya, yakni dari 8 cm menjadi 10 cm. Kontraksi pun akan terasa lebih kuat dan berlangsung lama hingga lebih dari 1–5 menit setiap 2–3 menit sekali.

Ketika sudah memasuki tahap ini, Bunda juga akan merasakan tekanan di bagian panggul sehingga terasa seperti ingin buang air besar. Ini artinya Si Kecil sudah memasuki jalur lahir dan melewati serviks.

Biasanya dokter atau bidan akan memeriksa kondisi Bunda dan bayi, serta melihat sejauh mana pembukaan berlangsung. Jika pembukaan sudah penuh, dokter atau bidan akan membantu mengarahkan kapan Bunda harus mengejan.

Soalnya, jika ibu mengejan terlalu cepat dan tidak pas dengan waktu kontraksi, khawatirnya ibu hamil akan kelelahan selama proses melahirkan berlangsung. Salah mengejan juga bisa berisiko membuat vagina robek, lho.

Kini, Bunda sudah tahu kan kontraksi 5 menit sekali pembukaan berapa? Jika ibu hamil mulai merasakan kontraksi yang berlangsung selama 5 menit, atau terjadi setiap 5 menit sekali, Bunda sudah bisa ke dokter atau bidan untuk memperoleh pemeriksaan dan penanganan tepat.

Selain itu, jangan tunda ke dokter ya apabila Bunda mengalami ketuban pecah selama tahap pertama persalinan. 

Nah, apabila Bunda masih memiliki pertanyaan lain seputar kehamilan dan persalinan, langsung saja tanyakan kepada dokter lewat chat online, ya.

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Giving Birth – First Stage of Labour.

Cleveland Clinic (2022). Stages of Labor.

Mayo Clinic (2024). Stages of Labor and Birth: Baby, It’s Time!

Harris, N. Parents (2024). Cervix Dilation Chart: What to Expect During the Stages of Labor.

WebMD (2022). Stages of Labor.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *