Yuk, Ketahui 8 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil!

Vitamin B6 untuk ibu hamil sangat penting dikonsumsi selama kehamilan. Vitamin ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin dan meredakan mual muntah, Bun. Tidak hanya itu, vitamin B6 ternyata memiliki segudang manfaat baik jika dikonsumsi selama kehamilan.

Selama menjalani kehamilan, Bunda perlu memenuhi kebutuhan vitamin, termasuk vitamin B6. Vitamin B6 atau pyridoxine merupakan salah satu jenis vitamin yang larut air dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Pada ibu hamil, asupan vitamin B6 yang direkomendasikan adalah sekitar 1,9 mg setiap harinya. 

Vitamin B6 untuk ibu hamil berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, serta menunjang produksi sel darah merah yang sangat diperlukan selama kehamilan. 

Berbagai Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil yang Perlu Bunda Ketahui 

Berikut ini adalah berbagai manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil: 

1. Meredakan mual dan muntah (morning sickness)

Bunda sedang mual dan muntah? Jika iya, coba konsumsi vitamin B6, deh. Pasalnya, vitamin B6 dapat membantu mengurangi mual dan muntah (morning sickness) selama kehamilan, lho. 

Mual dan muntah merupakan keluhan yang biasa dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama, tapi tidak menutup kemungkinan kondisi ini bisa terjadi sepanjang kehamilan. 

Nah, jika tidak ditangani, mual dan muntah bisa mengurangi nafsu makan dan berisiko membuat tubuh dan janin kekurangan gizi. Makanya, Bunda disarankan untuk mencukupi asupan vitamin B6 secara rutin, ya. 

2. Mencegah preeklampsia

Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, adanya protein di dalam urine, serta pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lainnya. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini tentu dapat membahayakan ibu hamil dan janin, lho. 

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin B6 juga dapat menyebabkan kelahiran prematur atau janin lahir dengan berat badan rendah. Nah, untuk mencegahnya, ibu hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi vitamin B6 secara rutin. 

3. Mendukung pertumbuhan otak dan saraf janin

Tidak hanya baik untuk ibu hamil, vitamin B6 juga bermanfaat untuk janin di dalam kandungan, lho. Soalnya, vitamin ini berperan penting untuk mendukung pertumbuhan otak dan saraf janin, Bun. 

Dengan mencukupi asupan nutrisi penting, seperti asam folat, omega-3, dan vitamin B6 selama kehamilan, janin dapat tumbuh dan berkembang dengan normal. Tercukupinya asupan gizi juga bisa mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

4. Menjaga kadar gula darah tetap normal

Perubahan hormon selama kehamilan bisa berpengaruh pada meningkatkan kadar gula darah lho, Bun. Jika tidak terkontrol, kondisi ini bisa berisiko menimbulkan komplikasi kehamilan berupa diabetes gestasional, kelahiran prematur, preeklamsia, atau ukuran bayi yang terlalu besar. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kadar gula darahnya tetap normal atau stabil. 

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan konsumsi vitamin B6 untuk ibu hamil, Bun. Soalnya, vitamin ini dapat membantu mengontrol dan mencegah peningkatan kadar gula darah selama hamil. 

5. Mencegah anemia 

Anemia adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini terjadi ketika ibu hamil tidak memiliki cukup hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan komponen penting di dalam sel darah merah yang berperan penting untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh maupun janin.  

Agar terhindar dari anemia, vitamin B6 untuk ibu hami perlu dikonsumsi secara rutin. Selain itu, Bumil juga perlu mencukupi asupan nutrisi lain untuk mencegah anemia, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12. 

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil juga baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho. Dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B6, Bunda akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, lebih fit, tidak gampang sakit, serta terlindung dari berbagai jenis penyakit.  

Tidak hanya itu, imunitas tubuh ibu hamil yang kuat juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh janin, lho.

7. Memperbaiki suasana hati 

Hamil memang sering kali membuat mood swing, ya. Untuk memperbaiki suasana hati, Bunda bisa nih mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin B6, seperti kacang-kacangan. Soalnya, vitamin ini dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati dan memberikan perasaan positif.

Selain itu, vitamin B6 juga bisa membantu Bunda tidur dengan nyenyak selama hamil, serta mengurangi gangguan kecemasan, lho. 

8. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Susah konsentrasi atau sering lupa selama hamil? Bunda mungkin  sedang mengalami pregnancy brain. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, stres, atau efek kurang tidur selama hamil. 

Nah, untungnya, keluhan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan vitamin B6. Hal ini karena vitamin B6 berperan dalam memproduksi neurotransmitter, yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk membawa dan mengirimkan pesan antar sel saraf, otot, atau kelenjar, Bun. 

Wah, banyak sekali ya manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil, Bun. Untuk mendapatkan manfaatnya ini, ibu hamil biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6, seperti:

  • Kacang tanah
  • Kedelai
  • Tahu dan tempe
  • Ikan
  • Daging ayam
  • Hati sapi
  • Bayam
  • Kentang
  • Buah-buahan, seperti alpukat dan pisang 

Selain itu, asupan vitamin B6 juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan yang mengandung vitamin B6 atau vitamin B kompleks lho, Bun. Namun, sebelum mengonsumsinya, Bunda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat terlebih dahulu, ya. Hal ini bertujuan agar dosis yang diberikan tepat sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin.

Perlu diketahui juga, Bun, konsumsi vitamin B6 yang terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping berupa heartburn, mual, kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki, serta gangguan keseimbangan tubuh (ataksia). 

Sumber:

World Health Organization (2023). Interventions. Vitamin B6 Supplementation During Pregnancy.

National Library of Medicine (2023). MedlinePlus. Vitamin B6. 

Cleveland Clinic (2022). Nutrition. Top 7 Benefits of Vitamin B6.

Mayo Clinic (2023). Vitamin B-6.

American Pregnancy Association (2024). Roles of Vitamin B in Pregnancy.

Baby Center (2024). Can Vitamin B6 Relieve Morning Sickness?

Baby Center (2024). Vitamin B6 During Pregnancy.

Everyday Health (2023). 10 Surprising Health Benefits of B Vitamins.

Health (2023). Health Benefits of B6.

Healthline (2024). Treating Morning Sickness with Unisom and Vitamin B6.

Healthline (2023). Vitamin B6: What You May Need to Know.

Healthline. 9 Health Benefits of Vitamin B6 (Pyridoxine).

Healthline. How Important Are B Vitamins in Pregnancy?

Verywell Health (2023). Vitamin B6: Everything You Need to Know.

WebMD (2022). Health Benefits of Vitamin B6.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *