Daily Baby Month-1 Day-24

Nutrisi untuk Bayi Prematur

Bunda dengan bayi prematur, akan memproduksi ASI dengan kandungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan bayi prematur. ASI pada Bunda dengan bayi prematur mengandung lebih tinggi mineral, protein, dan juga lemak yang lebih mudah dicerna oleh bayi.

Lemak pada ASI membantu dalam mengembangkan kemampuan otak dan jaringan saraf, yang sangat penting bagi bayi prematur. Dengan segala kelebihan ASI, bayi prematur sebaiknya mengonsumsi ASI daripada susu formula.

Selain itu, ASI lebih mudah diserap oleh bayi prematur dibanding susu formula. Apalagi, ASI pertama yang keluar mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

Bila biasanya ASI sudah keluar pada hari kedua atau keempat kelahiran, pada Bunda yang melahirkan bayi prematur akan terjadi keterlambatan.

Namun Bunda tidak perlu khawatir. Selama segera memberikan ASI di saat bayi prematur sudah bisa mengonsumsinya, secepat itu pula bayi akan menerima banyak manfaat ASI.

Namun kandungan ASI prematur akan berubah menjadi ASI matur pada usia sekitar 3-4 minggu, yang tidak lagi mencukupi kebutuhan bayi yang sangat prematur (usia hamil kurang dari 32 minggu). Oleh karenanya, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *