Daily Baby Month-12 Day-30

Apakah Perlu Suplemen Penguat Daya Tahan Tubuh untuk Anak?

Sistem imun bayi dan balita belum sempurna dan masih berkembang, membuatnya rentan terkena infeksi.

Bagi bayi dan balita yang menyusui, ASI membantu melindungi mereka dari penyakit infeksi. Jadi, tak perlu untuk mengonsumsi suplemen multivitamin jika tujuannya untuk menguatkan sistem imun anak.

Namun Ikatan Dokter Anak Indonesia mengeluarkan rekomendasi untuk memberikan vitamin D sejak bayi dan suplementasi zat besi pada kelompok anak yang berisiko mengalami kekurangan zat besi, seperti pada bayi dengan berat lahir rendah, bayi lahir dari ibu menderita anemia, bayi lahir kurang bulan.

Jika Bunda ingin menguatkan sistem imun anak sehingga ia tidak mudah sakit, maka buatlah pola makan yang sehat dan seimbang untuk anak sehingga kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Selain itu, pastikan anak aktif bergerak, mendapat istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan pribadi.

Suplemen vitamin, mineral, dan penguat imunitas anak sebaiknya diberikan jika anak memang membutuhkannya, misalnya untuk anak yang memiliki masalah kesehatan kronis, anak yang pilih-pilih saat makan, anak dengan pola makan vegetarian/vegan, atau anak yang kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi.

Selain itu, suplemen juga dapat membantu proses penyembuhan anak dari penyakit. Konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu jika ingin memberikan anak suplemen.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *