Daily Baby Month-12 Day-31

Stimulasi Anak 1 Tahun

Di usianya yang pertama, anak akan melakukan berbagai pencapaian besar dalam pertumbuhan dan perkembangannya, di antaranya adalah mengucapkan kata pertama, mengambil langkah pertama, belajar makan sendiri, dan tumbuh gigi pertama.

Kepribadiannya juga akan semakin terlihat karena ia semakin menyadari bahwa ia merupakan individu yang berbeda dari yang lain.

Bunda dapat memberinya berbagai stimulasi agar ia dapat melakukan pencapaian dalam perkembangannya.

Misalnya, untuk melatih motorik halusnya, Bunda dapat menyediakan mainan yang membuat ia banyak menggunakan tangannya, misalnya menyusun balok konstruksi atau menyortir bentuk.

Sementara untuk mendorongnya berlatih berjalan, Bunda dapat memberikannya push walker.

Jangan lupa untuk melakukan baby proofing di rumah agar anak terjaga keamanannya saat bereskplorasi. Orang tua atau pengasuh harus mendampingi dan memberikan stimulasi agar perkembangan anak menjadi optimal.

Untuk mendorong perilaku baiknya, Bunda dapat memberi pujian dan pelukan jika ia melakukan perilaku baik.

Sebaliknya, jika perilakunya tak diinginkan, maka Bunda dengan tegas dapat berkata “Tidak” atau “Jangan”, lalu beri waktu satu menit agar anak dapat mengubah apa yang ia lakukan. Lakukan ini berulang kali untuk membuat anak disiplin dan mengerti mana yang boleh dan tidak boleh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *