Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-1

Belum ada bayi selama minggu pertama kehamilan. Di periode ini, sel telur yang dirilis akan mulai matang di dalam indung telur. Selama masa haid, sekitar 20 telur masih ada di dalam folikel ovarium, dan bersiap-siap untuk ovulasi bulan depan. Hanya satu, atau terkadang dua, sel telur yang sebenarnya dilepaskan ke tuba falopi setiap kali siklus kesuburan. 

Ohya, tahukah kamu bahwa sel telur merupakan sel tunggal terbesar di dalam tubuh manusia? Ukuran sebuah sel telur lebih kecil dari satu bintik merica!

Oleh karena belum ada bayi, belum ada perkembangan janin di minggu pertama ini. Meski begitu, ibu dan ayah perlu untuk memulai gaya hidup yang sehat menjelang kehamilan. 

Sel telur ibu dan sperma ayah saat ini sudah bersiap-siap untuk ovulasi, dan memiliki kehamilan yang sehat sangat tergantung pada kualitas dua sel ini. Masing-masing sel ini mengandung 23 kromosom, dan setiap kromosom menyimpan informasi genetik ayah dan ibu. Ketika 46 kromosom ini digabungkan, bayi pun terbentuk! 

Jadi, meski belum ada bayi, memiliki gaya hidup yang sehat dan mengonsumsi vitamin pranatal sebelum hamil bisa memperbesar kemungkinan mendapatkan bayi yang sehat.

Published
Categorized as Minggu 1

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *