Tips untuk Bunda di Kehamilan Minggu ke-15

Kunjungi Dokter Gigi

Jika gusi berdarah atau gigi goyang karena fluktuasi hormon, segera kunjungi dokter gigi. Mungkin mendatangi dokter gigi bukan aktivitas favoritmu, tapi kesehatan gigi sangat mendukung kesehatan kehamilan. Perempuan yang mengalami radang gusi selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi memiliki komplikasi, seperti kelahiran prematur. 

Pelajari tentang Preeklampsia 

Preeklampsia biasanya berkembang di akhir kehamilan, yakni setelah minggu 20. Tanda-tandanya termasuk kenaikan tekanan darah mendadak, bengkak parah di area tangan dan wajah, dan ada protein di urine. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang berisiko mengalami preeklampsia (memiliki diabetes, ibu berusia 40 tahun atau lebih, hamil kembar, dsb), segera berkonsultasi dengan dokter. 

Ketahui tentang Tinggi Fundus 

Cara paling sederhana mengukur ukuran bayi adalah mengetahui ukuran rahim perempuan. Untuk memantau pertumbuhan dan posisi bayi, dokter atau bidan akan mulai mengukur jarak antara bagian teratas tulang pubik dengan bagian atas rahim. Disebut tinggi fundus, ukuran ini digunakan untuk memperkirakan ukuran bayi. 

Cari Informasi tentang Kelas Prenatal 

Ada begitu banyak hal yang harus Anda persiapkan di trimester kedua ini—dan begitu sedikit waktu. Salah satu hal yang harus Anda lakukan saat ini adalah mencari informasi tentang kelas persalinan di dekat kantor atau rumah. Lakukan riset dan pilih kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jangan Lewatkan Sarapan 

Bahkan jika selama ini Anda adalah orang tidak pernah sarapan, sekarang waktunya untuk mengubahnya. Sarapan akan membuat bayimu bahagia dan perutmu lebih tenang. Plus, sarapan yang sehat akan meningkatkan suasana hatimu. 

Terapkan Pola Hidup Sehat 

Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Dan karena di minggu ke-15, tulang bayi mulai mengeras, kalsium merupakan nutrisi penting. Pastikan Anda mengonsumsi suplemen prenatal dengan teratur. Istirahatlah sebanyak mungkin, dan jangan bekerja terlalu keras. Lakukan olahraga ringan agar energimu tetap terjaga dan begitu pun dengan berat badan sehat.

Published
Categorized as Minggu 15

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *