Tips untuk Bunda di Kehamilan Minggu ke-2

Catat Masa Subur

Pada minggu ke-2 kehamilan, secara teknis Anda belum hamil, tapi kemungkinan besar Anda berada pada masa paling subur, jadi saatnya beraksi! Cobalah berhubungan seks lebih teratur, 3 kali seminggu, misalnya, untuk meningkatkan kemungkinan hamil. 

Beli Tes Ovulasi

Jika berdasarkan hitung-hitungan sebentar lagi Anda akan berovulasi, saatnya membeli alat tes ovulasi rumah. Alat ini akan mengukur level hormon LH (luteinizing hormone) dan mengonfirmasi kapan saat yang tepat untuk mencoba hamil. 

Terus Konsumsi Vitamin Pranatal

Masih belum mengonsumsi vitamin pranatal, termasuk asam folat? Idealnya, sebaiknya Anda mulai mengonsumsinya ketika berencana hamil. Vitamin ini bisa meningkatkan kesuburan dan mencegah neural tube defects (NTDs). Jadi, jika Anda belum mengonsumsinya, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya! 

Cek Lendir Serviks 

Perubahan di lendir serviks biasanya merupakan tanda bahwa masa ovulasi sudah dekat. Saat ovulasi semakin mendekat, lendir serviks akan menjadi jernih, encer, elastis, dan mirip putih telur mentah. Perubahan ini akan memungkinkan sperma mencapai serviks dengan lebih mudah. 

Miliki Pola Hidup Sehat

Konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, minum air yang cukup, dan tidur yang cukup, bisa membantu Anda hamil lebih cepat. Stop konsumsi alkohol dan merokok, serta batasi kafein.

Published
Categorized as Minggu 2

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *