Tips untuk Bunda di Kehamilan Minggu ke-36

Cek Kembali Isi Tas Rumah Sakit

Sudah bosan mendengar tips ini? Terdengar berulang-ulang, tapi tidak ada salahnya memastikan semua kebutuhan esensial sudah masuk ke dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit. Selain dokumen penting dan baju, ada beberapa hal kecil yang perlu dibawa yang akan membuat Anda lebih baik: lip balm (bibir Anda akan kering), ikat rambut, sisir, pelembap, kaus kaki, sandal, dan permen mint. 

Update Rekan Kerja 

Jika Anda masih bekerja hingga minggu ke-36, informasikan kepada rekan kerja proyek dan hal-hal apa saja yang masih belum tuntas. Si Kecil bisa datang kapan saja sehingga penting memastikan teman kantor tahu proyek apa yang masih menggantung agar ritme kerja mereka tetap lancar saat Anda cuti hamil. 

Pikirkan Bagaimana Mengumumkan Kelahiran Bayi

Apakah Anda akan memberitahukan kelahiran bayi lewat Instagram? TikTok? Facebook? Atau email? Atau pesan WhatsApp? Video? Mungkin terkesan hal yang kecil, tapi mengumumkan kelahiran bayi bisa menjadi kesempatan orang-orang terdekat untuk melihat anggota baru keluarga Anda yang super imut itu! 

Habiskan Waktu dengan Si Kakak 

Si Kakak biasanya sudah tidak sabar untuk bertemu si Adik, tapi sering kali mereka juga bisa merasa cemburu. Pergunakan minggu-minggu terakhir sebelum bayi lahir ini untuk bermain, memeluk dan membaca cerita dengan mereka.

Jangan Khawatir Jika Gerakan Bayi Berubah

Jangan panik jika gerakan bayi berubah dari tendangan atau tusukan tajam menjadi hanya menggeliat. Saat ini, si Kecil tidak memiliki banyak ruang untuk salto. Namun, tetap perhatikan gerakan bayi setiap hari. Jika tetap khawatir, coba minum sedikit minuman bergula untuk memancing reaksi bayi. Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi perubahan frekuensi atau pola yang tidak biasa pada gerakan bayi.

Persiapkan Pembalut

Entah Anda melahirkan secara normal atau operasi caesar, kemungkinan akan terjadi pendarahan kecil setelah persalinan. Persiapkan pembalut sekarang sehingga tidak perlu panik untuk membelinya lagi saat Anda terlalu sibuk mengurusi si imut yang baru lahir. 

Dan berbicara tentang perlengkapan pakaian dalam, pastikan persediaan bra menyusui dan nyaman cukup.

Published
Categorized as Minggu 36

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *