Masa Kehamilan Minggu ke-7 Hari ke-3

Minggu ini bayi Anda sebesar blueberry.

Bayi Hari Ini

Rahang sudah berkembang, dan bentuk wajah pun sudah terlihat seperti manusia pada umumnya. Pembentukan limpa yang melindungi tubuh dari bakteri, dan memproduksi dan menyimpan darah dalam rahim juga mengalami kemajuan. Baik lambung maupun usus juga sedang berkembang.

Bagian usus yang tidak cukup masuk ke dalam tubuh bayi pindah ke dalam tali pusat. Ketika bayi sudah berkembang dan sudah cukup besar, usus akan kembali pindah dari tali pusat ke dalam perut.

Untuk Bunda Hari Ini

Bunda yang sedang hamil daya tahan tubuhnya cenderung menurun, sehingga mudah terkena keracunan makanan. Hindari jajanan di sembarang tempat karena takut terkena tipes (kuman salmonela).

Bila Bunda hendak memilih sayuran dan buah-buahan untuk dikonsumsi pastikan bebas pestisida, ya. Jaga kebersihan tangan, perhatikan alat-alat makan agar terjaga kebersihannya.

Bunda yang suka berkebun dan membersihkan halaman sendiri, harus memperhatikan kebersihan dirinya karena bisa saja menyentuh kotoran hewan yang kebetulan memiliki parasit toxoplasma yaitu anjing, kucing, ayam, dan lain-lain.

Jika ibu terinfeksi toxoplasma pada periode awal kehamilan melalui kotoran ada kemungkinan (kecil) mengakibatkan kecacatan pada bayi. Jangan panik, hanya pastikan untuk mencuci tangan setelah berkebun dan menyentuh hewan peliharaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *