Masa Kehamilan Minggu ke-7 Hari ke-4

Minggu ini bayi Anda sebesar blueberry.

Bayi Hari Ini

Jalur suara sudah terbentuk! Telinga sudah muncul di bagian kedua sisi kepala bagian bawah, dari jalur keduanya mulai dibentuk di bagian belakang. Di tenggorokan sedang terbentuk bagian-bagian yang menjadi dasar pita suara dan kelenjar tiroid.

Selain itu, di bagian dalam kepala, kelenjar pituitari yang memproduksi hormon telah terbentuk, dan cikal bakal bulbus olfaktorius yang merasakan bau di dalam otak juga sudah terbentuk. Saat ini bayi sedang sibuk mempersiapkan diri agar bisa mengeluarkan suara, mendengar dan merasakan bau!

Untuk Bunda Hari Ini

Nutrisi yang ingin dikonsumsi secara baik pada masa kehamilan yaitu zat besi dan kalsium. Bunda yang mengirimkan banyak darah kepada bayi, sehingga rentan terkena anemia. Zat besi banyak terkandung di dalam ikan cakalang, ikan tuna, bayam, sawi hijau, telur dan lain-lain.

Ikan kecil seperti sarden, makerel, atau ikan kembung juga banyak mengandung kalsium. Kalsium digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi.

Bunda, konsumsi ikan dua porsi per minggu ya, untuk zat nutrisi yang baik. Namun juga tidak berlebihan bila mengonsumsi ikan laut, terutama ikan dalam dan besar seperti tuna karena ditakutkan mengandung merkuri.

Bagi Bunda yang sedang mengalami morning sickness, tidak perlu terburu-buru. Konsumsilah pada saat gejala mual sudah mereda dan sudah bisa makan seperti biasanya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *