Masa Kehamilan Minggu ke-9 Hari ke-4

Sekarang bayi Anda sebesar buah zaitun.

Bayi Hari Ini

Kali ini kita akan membahas tentang tali pusat yang menghubungkan ibu dengan bayi. Tali pusat (tali pusar) terdiri dari dua arteri dan satu vena. Dengan menggunakan tali pusat, bayi mendapatkan oksigen dan nutrisi dari plasenta ibu, juga mengirimkan kotoran dan karbon dioksida.

Pembuluh darah di pusar memanjang secara spiral, dan karena ditutupi oleh lapisan yang melindungi pembuluh darah, dia dapat memanjang dan mengerut, dan juga sangat kuat. Tali pusat didesain sedemikian rupa agar tidak putus walaupun ditarik oleh bayi.

Untuk Bunda Hari Ini

Hari ini kita akan bicarakan tentang buku KIA. Buku KIA dapat diperoleh secara gratis sejak awal kehamilan. Isi dalam buku ini yaitu catatan pemeriksaan kehamilan, catatan pemeriksaan kesehatan bayi, dan catatan status vaksinasi.

Oleh karena semua informasi itu dicatat dalam satu buku, sekalipun nanti Bunda akan memeriksakan kesehatan di tempat yang berbeda, waktu yang berbeda atau pun saat memakai layanan asuransi kesehatan yang berbeda, Bunda tetap bisa menerima pelayanan perawatan yang berkelanjutan dan konsisten dengan mengacu pada catatan sejauh ini. Karena buku ini adalah buku yang sangat penting, maka jaga baik-baik ya, Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *