Masa Kehamilan Minggu ke-9 Hari ke-5

Sekarang bayi Anda sebesar buah zaitun.

Bayi Hari Ini

Lapisan otot yang disebut diafragma dan berada di antara dada dan perut sudah mulai berkembang. Sebentar lagi bayi akan mulai menggerakkan diafragmanya ke atas dan ke bawah untuk berlatih bernapas. Meskipun demikian, yang diembuskan keluar oleh bayi bukanlah udara, melainkan air ketuban. Meski bayi mulai bernapas setelah lahir, tapi ternyata dia sudah mulai latihan sejak di dalam perut!

Untuk Bunda Hari Ini

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hari ke-280 kehamilan (40 minggu, 0 hari) adalah hari perkiraan lahir. Selain itu hari pertama haid terakhir dihitung sebagai 0 minggu 0 hari, dan 7 hari dihitung sebagai 1 minggu adalah jumlah minggu kehamilan, dan usia kehamilan 28 minggu dihitung sebagai 1 bulan kehamilan.

Dengan kata lain, saat menghitung jumlah minggu kehamilan dimulai dari hari dimulainya haid terakhir = 0 minggu 0 bulan. Satu bulan kehamilan bukan dihitung berdasarkan kalender biasa, melainkan selama 28 hari. Metode perhitungan ini mungkin adalah alasan mengapa usia minggu kehamilan yang dipastikan di rumah sakit agak sulit dimengerti oleh para Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *