Masa Kehamilan Minggu ke-33 Hari ke-3

Minggu ini, ukuran bayi Anda sebesar pepaya.

Bayi Hari Ini

Tali pusar merupakan suatu pembuluh darah bayi yang dilapisi dengan material organik yang elastis. Bila bayi terlahir dan tali pusar menyentuh udara, material organik yang melapisi pembuluh darah bayi akan berfungsi sebagai tourniquet (alat untuk menghentikan darah), sehingga darah tidak lagi mengalir di tali pusar.

Ditambah lagi, bila bayi mulai melakukan pernapasan paru-paru, tali pusar pun menghentikan aliran darahnya. Maka dari itu, walau tali pusar dipotong setelah persalinan, tidak perlu khawatir darah akan mengalir. Tubuh manusia ajaib ya, Bunda!

Untuk Bunda Hari Ini

Salah satu tes yang akan dilakukan di trimester ketiga adalah ultrasound. Tes ultrasound pada periode akhir kehamilan ini berfungsi untuk mengamati plasenta, dan terkadang merupakan bagian dari tes yang disebut biophysical profile (BPP).

Tes BPP berfungsi untuk mengetahui apakah bayi mendapatkan oksigen yang cukup. Pada perempuan dengan kehamilan risiko tinggi, tes ultrasound dilakukan cukup sering selama trimester ketiga. Bunda tidak perlu khawatir karena tes ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *