Masa Kehamilan Minggu ke-33 Hari ke-5

Minggu ini, ukuran bayi Anda sebesar pepaya.

Bayi Hari Ini

Kuku tangan bayi sudah memanjang dan mencapai ujung jari. Kuku yang begitu kecil ini memanjang rapi mengikuti bentuk ujung jari, lebih tipis dan rapuh dibandingkan kuku orang dewasa.

Saat memotong kuku bayi, mungkin Bunda akan cemas karena kerapuhannya. Namun karena bayi yang baru lahir tidak bisa mengontrol ototnya dengan baik, ia bisa mencakar wajahnya. Itulah sebabnya sebaiknya langsung dipotong jika kukunya panjang. Apakah Bunda bisa memotong kuku si Kecil dengan baik?

Untuk Bunda Hari Ini

Bagi Bunda yang memanjangkan kukunya, menikmati manikur dan nail gel, mari mulai mempersiapkan kuku untuk menghadapi hari persalinan. Ketebalan kulit bayi yang baru lahir hanya 1/2 dari kulit orang dewasa sehingga sangat halus. Bila kuku ibu panjang, maka akan berisiko melukai kulit bayi.

Selain itu, bila mendadak harus dilakukan operasi saat persalinan, alat yang harus dipasang pada ujung jari akan tidak bisa langsung dipasang bila terdapat manikur pada kuku ibu. Maka, sebagai persiapan persalinan, pastikan kuku Bunda pendek dan bersihkan dari bekas manikur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *