Masa Kehamilan Minggu ke-33 Hari ke-6

Minggu ini, ukuran bayi Anda sebesar pepaya.

Bayi Hari Ini

Badan bayi akan semakin membesar hingga kelahirannya, tetapi untuk saat ini rangka tulangnya sudah hampir tumbuh sempurna. Tulang pun akan semakin keras, tetapi tetap mempertahankan keelastisannya untuk dapat melewati jalan lahir yang sempit.

Oh iya, dari dahi hingga pertengahan puncak kepala bayi terdapat bagian yang lunak disebut fontanel. Di bagian ini tidak terdapat tulang tengkorak. Fontanel merupakan ruang untuk memperkecil tulang tengkorak saat melewati jalan lahir dan juga merupakan ruang untuk otak tumbuh. Kira-kira 10 bulan setelah kelahiran, fontanel akan mulai menutup hingga tertutup rapat pada umur sekitar 2 tahun.

Untuk Bunda Hari Ini

Apakah sudah mulai melakukan persiapan untuk persalinan? Jika Bunda sudah menerima daftar persiapan persalian dari rumah sakit bersalin, mulailah mempersiapkan daftar pembelanjaan peralatan opname dan kumpulkan ke dalam satu tas.

Bila semua perlengkapan sudah dikumpulkan ke dalam tas, kasih tahu Ayah di mana Anda menyimpan tas tersebut. Jangan lupa juga mengecek apa yang harus dilakukan, yakni saat merasakan nyeri persalinan hingga menuju rumah sakit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *