Masa Kehamilan Minggu ke-36 Hari ke-3

Bayimu minggu ini sudah seukuran selada romaine.

Bayi Hari Ini

Memasuki fase ini, kekuatan genggaman bayi semakin bertambah lagi. Bila menyentuh telapak tangan bayi yang baru lahir, ia akan menggenggam jari Bunda dengan kuat. Ini disebut refleks menggenggam, yang merupakan salah satu refleks dasar yang dimiliki oleh bayi. Bunda pasti akan terkejut dengan kekuatan genggamannya.

Tahukah Bunda bahwa kekuatan genggaman bayi yang baru lahir dapat mengangkat dirinya? Pasti sudah tidak sabar ya, untuk digenggam kuat dengan tangannya yang mungil!

Untuk Bunda Hari Ini

Di masa ini posisi bayi akan turun jauh ke arah pelvis. Karenanya rasa mual di lambung dan rasa sesak yang selama ini dirasakan mulai menghilang dan Bunda merasa lebih nyaman. Bersamaan dengan rasa nyaman tersebut, nafsu makan pun bisa bertambah tiba-tiba.

Hal ini dikarenakan dengan menurunnya posisi bayi menuju pelvis, organ pencernaan, seperti lambung yang sebelumnya terdorong oleh bayi, terbebas dari dorongan tersebut, sehingga ruang untuk makan muncul kembali. Kalori yang dibutuhkan di masa kehamilan akhir adalah sekitar 2.500 kcal. Hati-hati agar jangan sampai lebih dari itu, ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *