Masa Kehamilan Minggu ke-36 Hari ke-4

Bayimu minggu ini sudah seukuran selada romaine.

Bayi Hari Ini

Bayi melewati hari-hari terakhirnya di dalam perut dan pertumbuhan pun melambat. Bayi akan berkonsentrasi untuk mengumpulkan lemak. Target berat badan saat lahir adalah lebih dari 2.500 g.

Oh iya, warna kulit bayi sekarang berwarna pink yang cantik. Hal ini dikarenakan konsentrasi sel darah merah di dalam darah lebih tinggi daripada orang dewasa. Sungguh tidak sabar menunggu hari untuk menggendong bayi yang berwarna pink ini!

Untuk Bunda Hari Ini

Saat persalinan pun air ketuban memiliki fungsi yang penting. Pertama-tama, air ketuban yang pecah dan mengaliri jalan lahir, akan membunuh bakteri di jalan lahir tersebut. Kedua, melicinkan jalan lahir agar bayi lebih mudah melewatinya. Ketiga, menjadi pelindung agar saat nyeri persalinan tubuh bayi tidak mendapat tekanan yang terlalu terpusat pada salah satu bagian tubuhnya.

Dengan meringankan tekanan konstraksi rahim, darah yang mengalir dari plasenta akan tersampaikan dengan baik kepada bayi. Air ketuban adalah pelindung bayi yang dapat diandalkan hingga detik-detik terakhir kelahirannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *