Masa Kehamilan Minggu ke-37 Hari ke-3

Minggu ini, ukuran bayi Anda sepanjang swiss chard.

Bayi Hari Ini

Bayi hampir tidak lagi memiliki ruang untuk bergerak-gerak, sehingga melewati hari-harinya dengan membulatkan badan, kaki ditekuk hingga perut dan tangan digenggam dengan kuat. Bayi yang disebut sungsang sepertinya menyukai posisi ini. Sebagian besar kasus bayi sungsang akan dilahirkan dengan operasi caesar.

Namun, kadang kala ada bayi yang posisinya kembali ke posisi anterior tepat sebelum kelahirannya. Bila itu terjadi, persalinan dapat diganti dari rencana awal operasi sesar menjadi persalinan normal. Walaupun sungsang, hal tersebut tidak akan memengaruhi pertumbuhan bayi. Mari sambut bayi dengan metode persalinan yang cocok sesuai instruksi dokter!

Untuk Bunda Hari Ini

Mungkin sudah ada Bunda yang mendapati tanda-tanda persalinan seperti perut kencang dan nyeri pinggang. Bila jarak antara perut kencang dan nyeri tidak teratur atau cepat hilang, mungkin itu bukan nyeri persalinan. Nyeri persalinan yang asli memiliki interval waktu tertentu dan rasa sakinya akan bertambah secara bertahap.

Nyeri persalinan terbagi menjadi “kontraksi palsu” dan “kontraksi persalinan.” Perut kencang dan nyeri yang tidak teratur dan cepat hilang merupakan kontraksi palsu yang bisa dikatakan sebagai latihan nyeri persalinan. Bila merasakan perut kencang dan nyeri, jangan panik dan pastikan segala sesuatunya sebelum memutuskan apakah menghubungi rumah sakit atau tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *