Masa Kehamilan Minggu ke-37 Hari ke-4

Minggu ini, ukuran bayi Anda sepanjang swiss chard.

Bayi Hari Ini

Mungkin Bunda penasaran dengan bagaimana cara bayi buang air di dalam perut. Kotoran bayi yang disebut “mekonium,” akan dikeluarkan setelah bayi lahir. Mekonium, yang berwarna hijaut pekat, adalah kumpulan kotoran ginjal maupun pankreas dan sel kulit bayi yang tercampur dengan air ketuban dan terhirup bayi. Bunda mungkin akan terkejut saat pertama kali melihatnya!

Untuk Bunda Hari Ini

Mari membahas operasi caesar. Operasi caesar merupakan operasi yang dilakukan saat persalinan normal memiliki risiko atau untuk menghindari risiko yang akan dialami ibu dan bayi. Operasi ini dilakukan dengan bius anestesi spinal, dan bayi dikeluarkan dengan membuka rahim.

Terdapat dua cara pembukaannya, yakni cara membuka bawah pusar secara vertikal sepanjang 15 cm, dan membuka bagian bawah perut secara horizontal. Kelebihan memotong secara horizontal adalah bekas operasi tidak terlalu menonjol, sedangkan potongan vertikal cepat sembuh.

Saat ini banyak operasi dilakukan dengan potongan horizontal yang efeknya kecil terhadap tampilan kulit dan rahim. Akan tetapi, saat dalam keadaan harus segera melakukan operasi, biasanya potongan vertikal yang dipilih. Keduanya dilakukan dengan menomorsatukan keselamatan bayi dan Bunda, maka janganlah khawatir.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *