Masa Kehamilan Minggu ke-37 Hari ke-7

Minggu ini, ukuran bayi Anda sepanjang swiss chard.

Bayi Hari Ini

Di antara bayi yang bergerak secara aktif di dalam perut, ada yang tali pusarnya melilit pada leher dan badan. Mungkin ada yang khawatir “Tidakkah menyakitkan?” Akan tetapi, tercekik dalam keadaan bayi mengapung di dalam air ketuban merupakan hal yang sangat langka dan sebagian besar bayi tidak merasa sakit. Hanya saja, bila terlilit tali pusar menyebabkan sulitnya persalinan, coba konsultasikan metode persalinan yang tepat kepada dokter.

Untuk Bunda Hari Ini

Sudahkah Bunda melengkapi keperluan yang dibutuhkan untuk opname seperti: tanda pemeriksan, buku KIA, asuransi kesehatan, dan lain-lain? Siapkan daftarnya dan cek satu persatu! Pasalnya, bila nyeri persalinan datang, Bunda pasti akan panik.

Agar lebih tenang, kumpulkan keperluan dalam satu tas besar dan letakkan di tempat yang mudah dilihat. Beritahukan juga kepada ayah dan keluarga agar lebih tenang.

Oh iya, baju baru untuk bayi sebaiknya dicuci dengan air terlebih dahulu. Tidak hanya membuat sisa-sisa lem produksi terangkat dan kain menjadi lebih lembut, tetapi keringat jadi lebih mudah terisap sehingga bayi dapat mengenakannya dengan nyaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *