Masa Kehamilan Minggu ke-38 Hari ke-1

Bayi Anda minggu ini setinggi bawang prei.

Bayi Hari Ini

CRL bayi akan menjadi 48-50 cm dengan berat 2.000-3.200 g. Lemak pada tubuh bayi telah terkumpul dan kulit semakin tebal, hingga sudah siap untuk lahir.

Saat Bunda waswas tentang kapan bayi akan lahir, bayi tetap ceria di dalam perut. Sambil memperkirakan waktu yang baik untuk dirinya lahir, bayi melewati hari-harinya dengan santai. Bayi juga mengulangi siklus bangun dan tidur dalam rentang 20 menit, tetapi secara umum melewati hampir seluruh waktunya dengan mengantuk.

Untuk Bunda Hari Ini

Mari membicarakan “air ketuban pecah.” Robeknya membran telur karena dorongan bayi pada rahim hingga air ketuban keluar, dan ini disebut dengan air ketuban pecah. Pecahnya air ketuban menyebabkan banyak air ketuban mengalir keluar, atau bisa juga sedikit demi sedikit.

Umumnya, pecahnya air ketuban terjadi pada mulut rahim yang terbuka karena semakin mendekatnya waktu persalinan, tetapi bisa juga terjadi sebelum nyeri persalinan datang. Bila volumenya sedikit, akan sulit membedakannya dengan inkontinensia urine.

Bila cairan yang keluar sepertinya berbeda dengan urine, segera hubungi dokter. Tidak banyak kasus persalinan terjadi segera setelah air ketuban pecah, maka jangan panik dan tangani dengan tenang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *