Masa Kehamilan Minggu ke-38 Hari ke-2

Bayi Anda minggu ini setinggi bawang prei.

Bayi Hari Ini

Kecepatan pertumbuhan bayi sudah cukup lambat, tetapi berat badan dan tinggi badan masih terus tumbuh secara perlahan. Ada pula bayi yang rambutnya memanjang.

Banyak yang mengatakan bahwa semakin mendekati persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Ini dikarenakan sempitnya rahim sementara bayi semakin tumbuh, sehingga membuat ruang gerak bayi menjadi terbatas. Bukan berarti bayi tidak bergerak sama sekali, ia tetap terus bergerak seperti memutar badan dan menggerakkan kaki dan tangannya.

Untuk Bunda Hari Ini

Pada kehamilan pertama, terkadang kelenjar susu yang memproduksi ASI masih belum berkembang sempurna. Untuk itu, disarankan agar dari sekarang mulai melakukan pijat payudara untuk sedikit demi sedikit merangsang kelenjar susu.

Pertama-tama, sebelum memulai pijat payudara, periksa bentuk ujung payudara. Bila puting keluar sebagaimana mestinya, maka tidak masalah. Tetapi bila puting landai dan masuk ke dalam, terkadang bayi akan kesulitan untuk mengisap ASI, hingga memerlukan metode pijat yang intens. Cara pijat payudara akan dibocorkan besok ya, Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *