Masa Kehamilan Minggu ke-37 Hari ke-6

Minggu ini, ukuran bayi Anda sepanjang swiss chard.

Bayi Hari Ini

Kulit bayi semakin tebal dan warna pink-nya pun semakin memutih. Semakin tebal kulit bayi, vernix yang menempel pada kulit pun semakin berkurang. Akan tetapi, vernix tetap memiliki fungsi yang sangat penting saat kelahirannya. Yaitu sebagai zat pelicin bagi bayi melewati jalan lahir dan sebagai pelindung kulit bayi dari kekeringan dan gesekan sehabis lahir.

Maka dari itu, pada bayi yang baru lahir kadang masih terdapat vernix di kepala dan wajahnya. Ada rumah sakit bersalin yang sengaja tidak membersihkan vernix agar fungsi pelindung kulit bayi tersisa.

Untuk Bunda Hari Ini

Sangat mengkhawatirkan apabila di periode akhir ini, berat badan Bunda bertambah terlalu banyak. Untuk pertumbuhan bayi, kalori per hari yang dibutuhkan adalah kira-kira sebanyak makanan yang biasa dimakan sebelum hamil ditambah sekitar 500 kcal. 500 kcal ini kira-kira setara dengan nasi dua mangkuk atau 4-6 buah ubi jalar.

Makanan yang kadar gulanya tinggi sebaiknya dihindari, tetapi kalau memang sangat ingin makan yang manis-manis, coba ubi jalar karena penuh dengan serat nabati dan nutrisi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *