Perkembangan Bunda 12 Bulan Setelah Melahirkan

Pasca 12 bulan melahirkan, kondisi fisik dan mental para ibu biasanya sudah pulih secara sepenuhnya. Hal ini karena ibu sudah terbiasa dengan rutinitas yang harus dijalani sehingga sudah dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Berikut sejumlah hal yang mungkin dialami ibu 12 bulan setelah melahirkan

Sudah Bisa Menyesuaikan Diri dengan Keadaan

Jika pada bulan-bulan pertama merasa sulit beradaptasi dengan perubahan yang ada, maka setelah 12 bulan pasca melahirkan, ibu sudah lebih luwes dalam menghadapi segalanya. Hal ini karena sudah dapat menemukan ritme baru dalam merawat si Kecil dan mengurusi pekerjaan lainnya, beban ibu yang dipikul terasa lebih “ringan” dibanding pada bulan-bulan awal setelah melahirkan.

Nyeri Payudara Akibat Menyapih

Ibu yang memutuskan untuk berhenti memberikan ASI kepada si Kecil misalnya, mungkin harus merasakan nyeri payudara dan payudara bengkak selama proses penyapihan. Nyeri dan payudara bengkak selama proses penyapihan sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal, termasuk merawat payudara.

Caranya tidak sulit. Ibu hanya perlu memompa payudara yang bengkak satu kali hingga air susu terkuras habis. Lalu, lanjutkan kembali kegiatan memompa hingga nyeri payudara berkurang. Dengan menerapkan langkah ini, seiring berjalannya waktu, produksi ASI akan terhenti dengan sendirinya.

Selain itu, selama proses penyapihan dilakukan, perawatan payudara yang tepat dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang ditimbulkan. Perawatan yang bisa dilakukan beragam, salah satunya adalah dengan memijat payudara secara perlahan, terutama jika adanya gumpalan di payudara.

Selain melakukan pemijatan, ibu juga disarankan untuk mengubah pola makan. Untuk sementara waktu, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berlemak. Atau jika rasa nyeri yang ditimbulkan menimbulkan ketidaknyamanan, ibu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol.

Jika cara-cara tersebut telah dilakukan namun nyeri dan pembengkakan payudara semakin parah, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter. Apalagi jika ibu merasakan gejala lain seperti payudara merah atau memar, dan demam. Sebab bisa jadi itu pertanda dari mastitis.

Tidak Kunjung Menstruasi

Setelah 12 bulan melahirkan, ada ibu yang mengeluhkan menstruasi tidak kunjung datang. Bagi yang mengalami ini, kamu mungkin perlu memperbaiki pola hidup yang dijalani. Sebab, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ibu tidak kunjung menstruasi kembali.

Faktor-faktor tersebut di antaranya, perubahan berat badan yang drastis, kelelahan, kurangnya asupan makanan bergizi, aktivitas yang terlalu berat, efek penggunaan alat kontrasepsi, stres, hingga menderita penyakit tertentu seperti PCOS dan gangguan tiroid.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *