Tips untuk Bunda Saat Si Kecil Berusia 5 Bulan

Perhatikan Posisi Tidur

Bayi disarankan untuk tidur dalam posisi telentang dibandingkan posisi telungkup. Posisi tidur telungkup dapat menyebabkan bayi kesulitan bernapas dan dapat memicu terjadinya sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS.

Untuk menghindari bayi mengalami SIDS, selain memerhatikan posisi tidurnya, perhatikan pula kondisi tempat tidurnya. Disarankan untuk menghindari penggunaan kasur bayi yang terlalu empuk karena hal ini juga bisa meningkatkan risiko bayi terkena SIDS. Jauhkan bantal atau mainan yang empuk dari boks bayi karena hal ini juga bisa menyebabkan saluran napas bayi tertutup saat sedang tidur yang mungkin bisa memicu terjadinya SIDS.

Selain itu, buka korden pada pagi hari agar cahaya masuk ke kamar dan bayi menjadi terbangun. Dan redupkan lampu di malam hari agar bayi dapat membedakan siang dan malam dengan baik sehingga siklus tidurnya pun menjadi teratur.

Ajak Bayi Jalan-jalan Sore

Sesekali, cobalah untuk mengajak bayi keluar rumah dengan mengajaknya berbelanja atau sekedar jalan-jalan mengelilingi kompleks perumahan. Ibu dapat menggendongnya atau menggunakan kereta bayi saat mengajaknya pergi keluar. Hal ini penting untuk dilakukan karena sinar matahari dan hembusan angin merupakan stimulus yang baik untuk bayi.

Perhatikan Menu MPASI

Jika dokter telah memberikan lampu hijau untuk memberikan MPASI, ibu perlu memerhatikan asupan MPASI yang diberikan untuk si Kecil. Pada tahap awal, pemberian bubur nasi atau sereal bayi patut dipertimbangkan. Namun, berikan dalam porsi yang sedikit karena si Kecil perlu beradaptasi dengan makanan barunya.

Tanda-tanda si Kecil sudah dapat diberikan MPASI, yaitu:

  • Leher si Kecil telah kuat. Ia telah bisa duduk meski perlu untuk dibantu mendapatkan posisi yang nyaman
  • Si Kecil mulai suka memasukkan tangan ke dalam mulutnya
  • Adanya ketertarikan dengan makanan yang sedang orang lain makan, terutama jika bayi berusaha untuk meraih makanan yang ibu makan
  • Si Kecil tidak menolak saat diletakkan sendok di mulutnya. Atau si Kecil terlihat “mencoba” mengambil makanan yang terdapat di sendok meski sendok dalam keadaan kosong.

Perhatikan Jadwal Imunisasi

Imunisasi merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan bayi, termasuk menghindari bayi dari risiko terkena penyakit berbahaya. Terlebih di usia ini, bayi masih rentan untuk terserang berbagai macam penyakit menular.

Selain itu, ibu disarankan untuk tetap memeriksakan kesehatan si Kecil secara berkala agar segala perkembangannya terpantau dengan baik. Bagi yang telah memberikan MPASI kepada si Kecil, ceritakan secara mendetail keluhan apa saja yang dialami anak saat diberikan MPASI.

Beberapa anak mungkin mengalami konstipasi setelah diberikan MPASI atau mengalami alergi terhadap makanan tertentu sehingga konsultasi ke dokter diperlukan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *