Daily Baby Month-1 Day-8

Merawat Tali Pusat Bayi

Tali pusat akan lepas pada umumnya dalam satu minggu, tapi pada beberapa kasus bisa mencapai 10-14 hari setelah bayi lahir. Tali pusat akan mengering sendiri dan terlepas dari tubuh bayi.

Bila pada beberapa kasus terjadi perdarahan, mungkin salah satunya adalah ada upaya dari orang tua untuk melepaskannya sendiri.

Agar tali pusat terawat, usahakan tali pusat tetap kering dan tidak lembap, karena dapat memicu pertumbuhan kuman yang menyebabkan infeksi. Tali pusat tidak perlu dibersihkan dengan sabun. Rawat tali pusat dalam keadaan terbuka.

Oleh karena itu, saat Bunda memasang popok si Kecil, jangan sampai menutupi tali pusat agar tidak terkontaminasi air seni dan feses. Tanda umum infeksi pada tali pusat adalah terciumnya bau dan adanya nanah. Kulit di sekeliling tali pusat terlihat kemerahan, yang disertai rasa nyeri, dan kemudian dapat diikuti dengan demam.

Segera bersihkan tali pusat dengan alkohol swab 70%, beri asupan yang cukup, sambil mempersiapkan diri untuk dibawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *