Kapan Bayi Bisa Mencium dan Membedakan Rasa Saat di Rahim?

“Kira-kira bayi di rahim sekarang sudah mencium aroma nggak, ya?” Jika ini pertanyaan Anda di usia kehamilan sekarang ini, ketahui tahap perkembangan pancaindra penciuman janin di bawah ini. 

Bagaimana Proses Perkembangan Indra Penciuman Janin?

perkembangan indra penciuman janin
Foto: freepik.com

Sebelumnya, mana yang benar sih, “indra penciuman” atau “indra pengecap”? Yang pasti, kedua hal ini—penciuman dan pengecap—sangat saling berhubungan karena penciuman kita sebenarnya terdiri dari 90% pengecap. 

Pancaindra penciuman bayi mulai berkembang di usia yang cukup dini, yakni di minggu 6 dan 7 kehamilan, saat neuron penciuman (yang membantu otak bayi memproses aroma) berkembang.

Nah, pada minggu ke-7 dan ke-8, rongga hidung yang bentuknya sama yang merupakan cikal bakal hidung mulai terbentuk. 

Sementara pada minggu 11-15 kehamilan, reseptor yang akan digunakan janin untuk mendeteksi bau dan rasa sudah mulai berfungsi.

Antara minggu ke-11 hingga 19, reseptor saraf di bagian hidung janin menghubungkan bola olfaktorius, yakni serabut saraf yang menghubungkan otak ke hidung.

Berkat hal ini, bayi mampu mencium aroma dan menyampaikannya ke otak. Pada akhir trimester kedua, hidung bayi sudah siap bisa mencium aroma. 

Kapan Bayi Sudah Bisa Mencium dan Membedakan Rasa?

perkembangan indra penciuman janin
Foto: freepik.com

Percaya atau tidak, sejak di dalam rahim, janin sebenarnya sudah bisa mendeteksi bau dari makanan yang Bunda makan dan aroma yang Bunda hirup melalui cairan ketuban yang melewati mulut serta hidung janin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah rasa seperti vanila, wortel, bawang putih, mint diteruskan ke cairan ketuban, tempat bayi tumbuh dan minumannya saat di dalam rahim.

Bahkan penelitian itu menemukan bahwa bayi yang saat masih sedang di rahim merasakan wortel di cairan ketuban lebih banyak makan sereal rasa wortel saat sudah bisa makanan padat. 

Ini artinya, memori bayi tentang apa yang dicecapnya tetap diingat hingga bertahun-tahun kemudian.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi makanan dengan bawang putih yang banyak selama 5 minggu terakhir kehamilannya, anaknya kemungkinan akan suka bawang setidaknya hingga usia 8 atau 9 tahun. 

Sementara dalam hal mencium, mayoritas penelitian terhadap indra penciuman awal janin masih dilakukan terhadap hewan. Namun, studi pada bayi baru lahir memperlihatkan bahwa bayi bisa mencium pada trimester ketiga, bahkan bisa jadi lebih awal. 

Para ahli percaya bahwa janin bisa mencium (dalam artian bereaksi terhadap aroma tertentu ketika bernapas melalui hidung) di dalam rahim pada saat kehamilan berusia 6 bulan. Pancaindra penciumannnya berkembang pesat selama bulan ke-8 dan ke-9 kehamilan. 

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa janin lebih menyukai rasa manis dibandingkan dengan rasa pahit dan asam. Janin akan menelan lebih banyak air ketuban ketika rasa manisnya tinggi, dan janin tidak menelan banyak air saat rasa air ketuban pahit. Apakah ini mirip dengan Bunda?

Hal Lain tentang Pancaindra Penciuman dan Pengecap yang Bunda Perlu Tahu

Foto: freepik.com

Mungkin sulit dipercaya, tapi sejumlah studi memperlihatkan bahwa bayi baru lahir mengenali ibunya hanya dari baunya. Selain itu, mereka juga bisa mendeteksi ASI, karena memang aroma ASI sangat menarik perhatian bayi. Kemampuan ini sangat diperlukan bayi untuk membuatnya tetap kenyang dan nyaman sepanjang hari. 

Dengan fakta ini, para ahli menyarankan agar ibu mengonsumsi makanan sehat dan bervariasi saat mengandung. Bahkan juga memperkenalkan makanan dengan rasa tajam agar bayi mengecap berbagai rasa dan aroma yang berbeda.

Namun bahkan jika bayi tidak suka makanan tertentu setelah lahir padahal sudah Anda perkenalkan sejak masih di rahim—jangan sedih ya, Bun. Pasalnya, rasa keju atau soto yang enak dan wangi yang Anda makan saat hamil, bisa jadi terasa berbeda ketika dicecap bayi saat di rahim.

Yang terpenting adalah bayi mengenali bau ibu ketika akhirnya lahir dengan sehat.

Sumber:

Morgan, Jamie M.D. UT Southwestern Medical Center (2017). Womb with A View: Sensory Development in Utero.

Hello Sehat. 2020. Mengenal Tahap Perkembangan Kelima Indra Bayi Dalam Kandungan.

Klik Dokter. 2020. Cara Mudah Menstimulasi Indra Penciuman Anak.

Bellefonds, Colleen de. What to Expect (2019). Fetal Sense of Smell: What Baby Can Sniff in Utero.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *