6 Hal Menyusui Ini Perlu Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir

persiapan menyusui sebelum bayi lahir

Bagi Bunda yang sudah pernah melahirkan, ritual menyusui mungkin sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun bagaimana dengan ibu yang baru akan memiliki anak pertama? Berikut persiapan menyusui yang bisa ibu lakukan sebelum si Kecil lahir agar prosesnya berjalan dengan lebih mulus. 

Ikuti Kelas Menyusui

Membaca tentang menyusui memang membantu, tapi menonton video atau melihat peragaan langsung akan lebih mudah untuk menyerap informasinya, terutama untuk para ibu baru. 

Oleh karenanya, pelajari dasar-dasar menyusui dengan mengikuti kelas persiapan menyusui, baik kelas tatap muka langsung atau online. Ada begitu banyak kelas menyusui, jadi carilah yang memberikan informasi yang informatif dan jujur. Biasanya kelas persiapan menyusui diadakan di rumah sakit atau klinik bersalin atau konsultan laktasi. 

Jika memungkinkan, ikuti kelas ini di periode akhir kehamilan (misalnya di minggu ke-36) sehingga Anda tidak lupa dengan apa yang dipelajari. Jangan lupa mencatat semua informasi penting sehingga Anda bisa membaca lagi informasi tersebut.

Mengikuti kelas persiapan ini tidak hanya membuat Anda mengetahui informasi penting dan terpercaya tentang menyusui, tapi juga merupakan kesempatan untuk bertemu ibu lain. 

Persiapkan Alat-alat Penunjang

Foto: freepik.com

Ibu yang memilih untuk memberikan ASI eksklusif akan membutuhkan bra menyusui, breast pads (nursing pads), breast pumps, dan aksesorisnya. Selain itu, sediakan bantal menyusui berkualitas bagus karena akan mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin dialami ibu saat menyusui.

Pompa ASI memang belum dibutuhkan di minggu-minggu pertama setelah melahirkan. Bahkan para ahli menyarankan untuk menunda memompa ASI hingga rutinitas menyusui sudah terbentuk dengan baik. Namun menyiapkannya dari awal bisa membantu Bunda ke fase menyusui selanjutnya, yakni memompa dan menyimpan ASI perah.

Tidak hanya itu, persiapkan juga krim puting yang water-based yang aman untuk merawat puting yang mungkin akan meradang di awal-awal proses menyusui

Persiapkan Mental 

Menyusui adalah sebuah rutinitas yang membutuhkan energi, fokus, dan kesabaran. Bayi baru lahir perlu menyusu setiap dua jam sekali hingga berat badan mereka kembali ke berat saat lahir. Ini artinya, selama 24/7, setiap dua jam sekali, Anda perlu berada dalam posisi menyusui dan memberikan si Kecil makan. 

Belum lagi, banyak ibu baru yang melaporkan bahwa menyusui bayi di minggu-minggu pertama kali terkadang menimbulkan rasa nyeri. Ibu mungkin meringis dan menahan napas ketika bayi menyedot susu dengan semangat.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu rasa nyeri ini akan berkurang dan proses menyusui akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Oleh karenanya, persiapkan mental dari sekarang, berpikirlah positif dan yakinlah bahwa Anda bisa melalui masa-masa awal dengan baik. 

Pelajari dan Latih Berbagai Posisi Menyusui

Foto: freepik.com

Ada banyak ilmu dan informasi yang didapat dari kelas menyusui online atau saran dari bidan atau dokter? Jangan lupa mempraktikkannya di rumah. Cari tahu apakah cradle hold (paling sering digunakan ibu baru), cross-cradle hold, football hold, atau posisi berbaring atau bersandar yang paling membuat Anda nyaman. 

Mengetahui berbagai cara memegang bayi saat menyusui akan membuat Anda sedikit lebih tenang ketika bidan atau perawat atau dokter meletakkan si Kecil pertama kali di pangkuan untuk disusui. 

Cek Bentuk Puting

Poin ini sudah terlewatkan, tapi penting dilakukan sebelum si Kecil lahir, yakni memerhatikan bentuk puting dan memastikannya tidak akan menjadi sumber masalah. Pasalnya, sejumlah masalah menyusui disebabkan oleh puting datar atau masuk ke dalam dan areola tebal. 

Oleh karenanya, cek dengan dokter atau konsultasi laktasi atau bidan jika Anda khawatir bentuk puting akan menghalangi proses menyusui. 

Persiapkan Sudut Menyusui 

Sudut menyusui tidak berarti Anda harus memiliki ruang khusus untuk menyusui. Melainkan spot khusus di rumah di Anda bisa menyusui dengan nyaman. Sesederhana menambahkan satu kursi nyaman lengkap dengan bantal nyaman di sebuah sudut rumah sudah bisa membuat Anda memiliki “ruang menyusui”. Bila perlu lengkapi sudut ini dengan camilan sehat karena Anda butuh kalori dari makanan sehat saat menyusui.

Sumber:

Flo Health. 2019. How to Prepare for Breastfeeding Before Your Baby Arrives.

Baby Centre. 2018. Preparing to Breastfeed.

Parenting First Cry. 2018. 5 Tips to Prepare for Breastfeeding Before.

Just Simply Mom. 2021. 8 Simple Steps for Preparing for Breastfeeding Before Baby Arrives.

Hello Sehat. 2020. Ketahui 6 Posisi Menyusui yang Nyaman Plus Penggunaan Bra dan Bantal Menyusui.

Breastfeeding Confidential. 2020. 13 Essential Ways to Prepare for Breastfeeding While Pregnant.

Nourisher. 2018. 5 Ways to Prepare for Breastfeeding While Pregnant.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi