Daily Baby Month-9 Day-7

Makan Banyak Tapi BB Tidak Bertambah, Apakah Cacingan?

Angka kejadian infeksi cacing atau cacingan sangat tinggi di Indonesia, terutama pada anak-anak. Penularannya bisa terjadi lewat makanan dan minuman yang terinfeksi cacing, atau bisa juga lewat tanah.

Di Indonesia, cacing yang paling banyak menginfeksi adalah jenis cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing tambang. Jika anak makannya banyak namun berat badan tidak bertambah dan malah cenderung malnutrisi, bisa jadi disebabkan infeksi cacing, karena dapat menyebabkan hilangnya protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan darah dalam jumlah besar.

Jika infeksi tidak diobati, maka anak dapat menjadi malnutrisi, anemia, mengalami penurunan nafsu makan, gangguan kesehatan fisik, dan penurunan kemampuan kognitif sehingga dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Untuk memberantas cacingan di daerah dengan prevalensi cacingan tinggi, termasuk di Indonesia, anak-anak diwajibkan untuk minum obat cacing setahun dua kali, yaitu albendazole (400 mg) atau mebendazole (500 mg) untuk anak usia dua tahun ke atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *