Berapa Biaya Persalinan Normal? Ini Kisarannya!

Selamat, Bunda sudah dinyatakan hamil oleh dokter! Pasti dalam perasaan Bunda saat ini sangat bercampur aduk. Ada perasaan bahagia, bangga, tetapi di balik itu mungkin juga tersirat perasaan cemas dan bingung.

Bunda tidak sendirian dalam hal ini. Dari sekian banyak hal yang sedang Bunda pikirkan mungkin salah satunya adalah biaya persalinan. Dan jika Bunda memilih persalinan normal, berikut penjelasan lengkap tentang biayanya.

Di Rumah atau di Rumah Sakit?

biaya persalinan normal

Mempersiapkan biaya persalinan normal memang kadang membuat para orang tua baru merasa bingung karena ada banyak hal yang termasuk di dalam paket persalinan, seperti biaya dokter kandungan, dokter anak, biaya kamar, dan sebagainya. Namun sebagai patokan, ada baiknya Bunda tentukan dulu jenis persalinan normal yang Bunda sepakati bersama pasangan. 

Biaya persalinan normal di rumah atau yang dikenal dengan istilah home birth tentu berbeda bila dibandingkan dengan persalinan yang dilakukan bersama dokter di rumah sakit atau bila ditangani oleh bidan. Jadi, sepakati dulu lokasi persalinannya.

Jika Bunda memilih untuk melahirkan di rumah sakit, misalnya dengan mengikuti lokasi praktik dokter kandungan Bunda, hendaknya cek paket-paket biaya persalinan normal yang tersedia di rumah sakit tersebut. Plus, apa saja yang termasuk di dalamnya. 

Biasanya, paket biaya persalinan normal di rumah sakit sudah memasukkan biaya-biaya yang menyertai persalinan dan perawatan bayi. Ini membuat para orang tua akan merasa lebih nyaman karena dengan membayar satu harga, layanan yang didapatkan sudah lengkap untuk ibu dan bayi.

Seperti Apa Paket Persalinan Normal?

biaya persalinan normal

Dalam paket persalinan normal, biasanya pelayanan yang didapatkan berupa:

  1. Kamar bersalin
  2. Kamar rawat/inap (biasanya untuk 3 hari 2 malam)
  3. Biaya dokter kandungan dan dokter anak
  4. Obat-obatan
  5. Biaya penggunaan alat
  6. Biaya CTG, skrining OAE (pendengaran), dan pemeriksaan laboratorium bayi
  7. Vaksin (misalnya hepatitis untuk bayi)
  8. Asuransi

Sementara berikut ini adalah yang tidak termasuk di dalam paket biaya persalinan normal:

  1. Biaya pemeriksaan kehamilan awal
  2. Tindakan CITO (tindakan operasi di luar rencana)
  3. Biaya perawatan NICU (ruang Neonatal Intensive Care Unit)
  4. Kontrol postpartum (pemeriksaan pasca persalinan)

Tentunya rincian paket biaya persalinan normal ini bervariasi untuk setiap rumah sakit, tergantung kelas perawatannya. Namun rata-rata, biaya persalinan normal di rumah sakit tingkat menengah di Jabodetabek adalah sekitar 5-18 jutaan rupiah. Biaya persalinan normal pun akan berbeda untuk persalinan bayi kembar atau yang memerlukan tindakan khusus di ruang bersalin.

Apakah Biaya Persalinan Normal Ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar bahwa biaya persalinan normal tidak lagi ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, berdasarkan informasi resmi yang ditayangkan melalui situs resmi BPJS Kesehatan, biaya persalinan normal maupun operasi caesar masih tetap ditanggung BPJS Kesehatan, dengan mengikuti prosedur rujukan yang berlaku. 

Berita menggembirakannya lagi, jika menggunakan BPJS Kesehatan, Bunda bisa memanfaatkannya tidak saja pada saat persalinannya, tetapi juga sejak masa prapersalinan hingga pascamelahirkan. Tentunya hal ini sangat melegakan dan meringankan beban pikiran Bunda dan keluarga. 

Bunda, yang paling penting adalah mengupayakan yang terbaik untuk keselamatan dan kesehatan Bunda dan Si Kecil. Pastikan bahwa penyedia layanan kesehatan Bunda memberikan rekomendasi terlengkap sesuai dengan anggaran yang Bunda dan keluarga siapkan dan butuhkan, sehingga di saat hari persalinan nanti Bunda bisa melewatinya tanpa kendala apa pun.

Sumber:

Mitra Keluarga. 2021. Paket Harga Khusus Persalinan Normal.

RS Harapan Kita. 2021. Tarif Persalinan.

Kompas. 2020. Begini Prosedur dan Biaya Persalinan dari BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. 2021. Manfaat.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *