Berapa Biaya Persalinan Normal? Ini Kisarannya!

Selamat Bunda, Anda sudah dinyatakan hamil oleh dokter! Pasti dalam perasaan Bunda saat ini sangat bercampur aduk; ada perasaan bahagia, bangga, tetapi di balik itu mungkin juga tersirat perasaan cemas dan bingung. Bunda tidak sendirian dalam hal ini. Dari sekian banyak hal yang sedang Anda pikirkan saat ini, salah satunya yang mungkin adalah tentang biaya persalinan. Dan jika Anda memilih persalinan normal, berikut penjelasan lengkap tentang biaya persalinan normal.

Di Rumah atau di Rumah Sakit?

biaya persalinan normal
Foto: freepik.com

Mempersiapkan biaya persalinan normal memang kadang membuat para orang tua baru merasa bingung karena ada banyak sekali hal yang termasuk di dalam paket persalinan, misalnya biaya dokter kandungan, dokter anak, biaya kamar, dan sebagainya. Namun sebagai patokan Anda, ada baiknya Anda tentukan dulu jenis persalinan normal yang Anda sepakati bersama pasangan. 

Biaya persalinan normal di rumah atau yang dikenal dengan istilah home birth tentu berbeda bila dibandingkan dengan persalinan yang dilakukan bersama dokter di rumah sakit atau bila ditangani oleh bidan. Jadi, sepakati dulu lokasi persalinannya.

Jika Anda memilih untuk melahirkan di rumah sakit, misalnya dengan mengikuti lokasi praktik dokter kandungan Anda, hendaknya cek paket-paket biaya persalinan normal yang tersedia di rumah sakit tersebut. Plus, apa saja yang termasuk di dalamnya. 

Biasanya, paket biaya persalinan normal di rumah sakit sudah memasukkan biaya-biaya yang menyertai persalinan dan perawatan bayi. Ini membuat para orang tua akan merasa lebih nyaman karena dengan membayar satu harga, layanan yang didapatkan sudah lengkap untuk Bunda dan bayi.

Seperti Apa Paket Persalinan Normal?

biaya persalinan normal
Foto: freepik.com

Dalam paket persalinan normal, biasanya pelayanan yang didapatkan berupa:

  1. Kamar bersalin
  2. Kamar rawat/inap (biasanya untuk 3 hari 2 malam)
  3. Biaya dokter kandungan dan dokter anak
  4. Obat-obatan
  5. Biaya penggunaan alat
  6. Biaya CTG, skrining OAE (pendengaran), dan pemeriksaan laboratorium bayi
  7. Vaksin (misalnya hepatitis untuk bayi)
  8. Asuransi

Sementara berikut ini adalah yang tidak termasuk di dalam paket biaya persalinan normal:

  1. Biaya pemeriksaan kehamilan awal
  2. Tindakan CITO (tindakan operasi di luar rencana)
  3. Biaya perawatan NICU (ruang Neonatal Intensive Care Unit)
  4. Kontrol postpartum (pemeriksaan pasca persalinan)

Tentunya rincian paket biaya persalinan normal ini bervariasi untuk setiap rumah sakit, tergantung kelas perawatannya. Namun rata-rata, biaya persalinan normal di rumah sakit tingkat menengah di Jabodetabek adalah sekitar Rp5 jutaan sampai dengan Rp18 jutaan. Biaya persalinan normal pun akan berbeda untuk persalinan bayi kembar atau yang memerlukan tindakan khusus di ruang bersalin.

Apakah Biaya Persalinan Normal Ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Foto: freepik.com

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar bahwa biaya persalinan normal tidak lagi ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun berdasarkan informasi resmi yang ditayangkan melalui situs resmi BPJS Kesehatan, biaya persalinan normal maupun dengan tindakan operasi caesar masih tetap ditanggung oleh BPJS Kesehatan, dengan mengikuti prosedur rujukan yang berlaku. 

Berita menggembirakannya lagi, jika menggunakan BPJS Kesehatan, Bunda bahkan bisa memanfaatkannya tidak saja pada saat persalinannya saja, tetapi sejak masa prapersalinan, hingga pascamelahirkan. Tentunya hal ini sangat melegakan dan meringankan beban pikiran Bunda dan keluarga. 

Bunda, yang paling penting adalah mengupayakan yang terbaik untuk keselamatan dan kesehatan Bunda dan si Kecil. Pastikan bahwa penyedia layanan kesehatan Bunda memberikan rekomendasi terlengkap sesuai dengan anggaran yang Bunda dan keluarga siapkan dan butuhkan, sehingga di saat hari persalinan nanti Bunda bisa melewatinya tanpa kendala apa pun.

Sumber:

Mitra Keluarga. 2021. Paket Harga Khusus Persalinan Normal.

RS Harapan Kita. 2021. Tarif Persalinan.

Kompas. 2020. Begini Prosedur dan Biaya Persalinan dari BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. 2021. Manfaat.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *