Daily Baby Month-12 Day-17

Jangan Biasakan Anak Tidur Terlalu Malam

Pada usia 6-12 bulan, bayi biasanya tidur 12-16 jam per hari. Namun bayi akan mengalami gangguan yang membuatnya lebih suka terjaga dibanding tidur. Ia akan memilih untuk terjaga saat ada kejadian menarik, terutama jika lampu menyala terang dan ada banyak suara.

Hal lain yang membuatnya tidak mau tidur adalah kecemasan berpisah dari orang tua atau pengasuhnya, sehingga ia akan menangis jika ditinggal di boks tempat tidurnya.

Pada awalnya bayi tidak bisa merencanakan kapan ia tidur dan bangun. Karena itu, orang tuanya lah yang harus membuat jadwal rutin bayi tidur setiap hari.

Tujuan utamanya agar anak tidak tidur terlalu malam oleh karena hormon pertumbuhan akan bekerja optimal pada malam hari. Tak hanya mencegah bayi tidur terlalu malam, rutinitas ini juga dapat membantu mengatasi gangguan tidurnya.

Mulailah dengan mandi, menyusui, membacakan cerita, lalu gelapkan ruangan dan mainkan musik yang lembut saat bayi mulai mengantuk. Jika bayi ketakutan saat ditinggal sendiri, maka beri pelukan dan yakinkan ia kalau ia aman dan tak apa-apa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *